Text
PENTINGNYA PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL DALAM UPAYA MENININGKATKAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS FUNGSI PEMASARAN PADA KOPERASI SEKOLAH "TUNAS BHAKTI" SMK NEGERI 4 SURABAYA
Audit operasional dapat membantu manajemen dalam mendeteksi ketidakefisienan dan efektivitas serta menilai apakah fungsi pemasaran tersebut telah berjalan dengan baik sehingga dapat dilakukan tindakan perbaikan yang tepat pada waktu terjadinya penyimpangan menyangkut penjualan produk perusahaan maupun hal-hal yang berkaitan dengan sistem pemasaran. Pemeriksaan operasional yang dimaksud adalah audit fungsi pemasaran. Koperasi Sekolah “Tunas Bhakti” SMK Negeri 4 Surabaya merupakan suatu bentuk badan usaha kecil yang kegiatannya membeli kemudian menjual kembali barang dagangannya untuk pemenuhan kebutuhan konsumen, baik konsumen di lingkungan internal sekolah (siswa dan staf pengajar) maupun konsumen eksternal sekolah (masyarakat sekitar di luar lingkungan sekolah). Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh Koperasi Sekolah “Tunas Bhakti” SMK Negeri 4 Surabaya, maka penelitian ini mengambil judul “Pentingnya Penerapan Audit Operasional Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Dan Efektivitas Fungsi Pemasaran Pada Koperasi Sekolah “Tunas Bhakti” SMK Negeri 4 Surabaya”. Upaya untuk menghadapi masalah yang dihadapi oleh Koperasi Sekolah “Tunas Bhakti” SMK Negeri 4 Surabaya akan peneliti memberikan pemecahan masalah yang dihadapi oleh Koperasi Sekolah “Tunas Bhakti” SMK Negeri 4 Surabaya. Masalah-masalah tersebut terjadi karena kurang efisien dan efektifnya fungsi pemasaran, sehingga mengakibatkan tidak maksimalnya anggota koperasi dalam melaksanakan hak dan kewajibannya yakni kewajiban memberikan simpanan pokok dan simpanan wajib. Hasil analisis permasalahan dilakukan melalui pemecahan masalah yang alami oleh Koperasi Sekolah “Tunas Bhakti” SMK Negeri 4 Surabaya adalah dengan dilakukan komunikasi yang seimbang antara pihak pengurus dan pihak anggota, pihak pengurus koperasi jangan menganggap bahwa dirinya yang paling berkuasa dalam menentukan langkah dan kebijakan koperasi. Sebagai anggota koperasi seharusnya melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota koperasi yang baik, antara lain dengan membayar simpanan pokok dan simpanan wajib yang telah disepakati bersama tepat pada waktunya, sehingga tidak terjadi setelah dilakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) simpanan pokok dan simpanan wajib anggota belum terselesaikan dengan baik. Bidang usaha yang telah dirintis oleh Koperasi Sekolah “Tunas Bhakti” SMK Negeri 4 Surabaya selama periode tahun 2011 sudah mengalami kemajuan, namun masih harus dilakukan pembenahan dan di masa mendatang perlu dilakukan sebuah terobosan baru, dimana pemasaran jasa yang dilakukan oleh pihak koperasi lebih intensif lagi, khususnya bagi para anggota koperasi sendiri dan apabila perlu dicoba untuk mengembangkan pemasaran di luar lingkungan sekolah atau melayani kebutuhan masyarakat di sekitar kompleks sekolah.
Kata-kata Kunci: Audit Operasional, Efisiensi, Efektivitas, Fungsi Pemasaran Koperasi.
1S121484 | A-12/484 Het p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain