Text
PENGUKURAN KINERJA PELAYANAN PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT MANYAR SURABAYA
Intisari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Kantor Bersama Samsat Manyar Surabaya Timur yang beralamat di jalan Manyar Kertoarjo No. 1 Surabaya yang diukur dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan mengetahui bagaimana tingkat kesesuaian antara kinerja pelayanan dengan harapan/kepentingan masyarakat. Teknik analisis data ini menggunakan rancangan atau desain penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang dari setiap elemen layanan berdasarkan Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004. Hasil penelitian di KB. Samsat Manyar Surabaya Timur menunjukan bahwa pengukuran kinerja yang dinilai dari Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) diperoleh hasil dari masing-masing indikator yaitu (prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapat pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan pelayanan, keamanan pelayanan) yang berada pada posisi Baik dan diperoleh hasil indeks secara keseluruhan sebesar 3.00543 x 25 = 75,14 yang berarti kinerja unit pelayanan baik, sedangkan untuk tingkat kesesuaian antara harapan/kepentingan masyarakat dengan kinerja diperoleh nilai 90.54% kinerja pelayanan sudah sesuai dengan harapan masyarakat. Kata kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Pengukuran Kinerja, Layanan Publik.
1S132452 | A-13/452 Ang p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain