Text
PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP VIII SURABAYA
Intisari
Di era globalisasi dalam memasuki lingkungan bisnis yang kompetitif,
perusahaan harus mempunyai kemampuan besar dalam menciptakan financial
return jangka panjang. Dengan demikian untuk meningkatkan mutu informasi
yang diperlukan, perusahaan sangat membutuhkan sistem yang meliputi tolok
ukur keuangan dan non keuangan yaitu dengan menggunakan balanced
scorecard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja
manajemen perusahaan diukur dengan metode Balanced Scorecard dari masingmasing
perspektif agar selaras dengan visi, misi dan strategi perusahaan pada
penelitian ini dilakukan pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP VIII
Surabaya pada periode 2010-2012.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan melakukan
survey pendahuluan dan survey lapangan, sedangkan teknis analisis data yang
digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif, untuk dapat mengetahui dan
menganalisa bagaimana kinerja manajemen pada PT Kereta Api Indonesia
(Persero) DAOP VIII Surabaya dengan menggunakan metode balanced scorecard
melalui empat perspektif yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan,
perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat dsimpulkan bahwa pengukuran
kinerja perusahaan dengan penerapan balanced scorecard di PT Kereta Api
(Persero) menunjukkan kinerja kurang baik. Berdasarkan perspektif finansial
pendapatan biaya dan biaya operasi yang dikeluarkan tidak sebanding sehingga
menyebabkan return on investment mengalami penurunan. Berdasarkan perspektif
pelanggan menunjukkan kinerja yang kurang baik dilihat dari pertumbuhan
pelanggan yang semakin menurun setiap tahunnya. Berdasarkan proses bisnis
internal menunjukkan kinerja yang kurang baik dilihat dari kebijakan baru
prosedur pemesanan tiket kelas ekonomi. Berdasarkan perspektif pembelajaran
dan pertumbuhan menunjukkan kinerja yang kurang baik dilihat dari jumlah
karyawan yang menurun setiap tahunnya.
Kata Kunci: Pengukuran Kinerja Manajemen, Balanced Scorecard
1S132439 | A-13/439 Erv p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain