Text
PENGARUH PENGGUNAAN LAYANAN SMS BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING ( STUDI PADA NASABAH BANK JATIM CABANG KEDIRI)
Dengan maraknya layanan e-banking, bank Jatim juga meluncurkan layanan sms banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pengguna layanan sms banking bank jatim terhadap loyalitas nasabah dan kepuasan sebagai variabel moderating. Sampel penelitian ini terdiri dari 100 responden yang berada di Bank Jatim Cabang Kediri dan menggunakan layanan sms banking. Sedangkan teknik yang digunakan adalah teknik accidental sampling. Metode statistik yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis di mana variabel mempunyai pengaruh ketergantungan dengan variabel terikat dan variabel bebas. Hasil Moderated Regression Analysis yaitu, Y = -2,910 + 1,709X1 + 1,644X2 - 0,448X1X2 + ei, yang artinya Y sebesar -2,910 menunjukkan bahwa loyalitas nasabah tinggi karena nilai 0 melebihi 1, untuk itu semua variabel bebas dalam penelitian ini yang mempengaruhi loyalitas nasabah sebaiknya dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. 1 = 1,709 berarti bahwa untuk nilai koefisien regresi variabel X (persepsi pengguna sms banking), berdasarkan hasil analisis data sebesar 1,709 dan bertanda positip. Hal itu berarti bahwa semakin bagus layanan bank Jatim di dalam sms banking ini maka hal itu tentu akan meningkatkan loyalitas nasabahnya. 2 = 1,644 berarti bahwa untuk nilai koefisien regresi variabel kepuasan nasabah, berdasarkan hasil analisis data sebesar 1,644 dan bertanda positip. Hal itu berarti bahwa loyalitas akan terbentuk apabila konsumen merasa puas. 3 = - 0,448 X1.X2berarti bahwa untuk nilai koefisien regresi variabel moderator(X2.X3), berdasarkan hasil olahan bahwa koefisien beta sebesar - 0,448 satuan bertanda negatif. Hal itu berarti bahwa loyalitas nasabah tidak hanya terbentuk oleh kepuasan konsumen akan produk atau layanan yang disediakan oleh bank Jatim yang salah satunya adalah sms banking.
Kata kunci : persepsi pengguna layanan sms banking, loyalitas dan kepuasan nasabah.
1S132447 | M-13/447 Dia p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain