Text
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MOTOR HONDA VARIO DI SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayaan
dan sikap terhadap keputusan pembelian motor Honda Vario di Surabaya. Data
diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden yang merupakan
pembeli Honda Vario di Surabaya. Analisis yang digunakan untuk mengetahui
pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian adalah dengan
menggunakan analisis regresi linear berganda yang diuji dengan uji F dan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa koefisien determinasi
berganda (R2) atau R Square adalah sebesar 0,693 atau 69,3%, ini berarti bahwa
faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan
dan sikap secara bersama-sama mampu menjelaskan turun naiknya keputusan
pembelian sebesar 69,3%, sedangkan sisanya sebesar 30,7% dipengaruhi faktor
lain di luar penelitian ini. Dari pengujian model regresi dengan uji F diketahui
pula bahwa keseluruhan variabel bebas motivasi, persepsi, pembelajaran,
keyakinan dan sikap memberikan pengaruh simultan yang signifikan terhadap
keputusan pembelian karena nilai sig < 0,05. Dari pengujian model regresi dengan
uji t diketahui bahwa semua variabel bebas motivasi, persepsi, pembelajaran,
keyakinan dan sikap secara parsial memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap variabel terikat keputusan pembelian, karena nilai sig t < 0,05. Dari
pengujian model regresi dengan uji t juga diketahui bahwa variabel yang
mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel
persepsi, karena mempunyai nilai signifikasi yang lebih kecil daripada variabel
bebas lainnya.
Untuk melengkapi hasil penelitian, maka sebaiknya dilakukan penelitian
serupa dengan sampel dan obyek penelitian yang berbeda agar memperoleh
kesimpulan yang lebih lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan.
Kata kunci: faktor psikologis, motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayaan,
sikap, keputusan pembelian
1S121579 | M-12/579 Hen p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain