Text
PERANAN SALURAN DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. KRAFT FOODS INDONESIA SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan saluran distribusi yang
meliputi: grosir, agen, pengecer, supermarket dan minimarket baik secara
simultan maupun parsial terhadap peningkatan volume penjualan, serta untuk
mengetahui dari saluran distribusi yang meliputi: grosir, agen, pengecer,
supermarket dan minimarket mana yang mempunyai peranan dominan terhadap
peningkatan volume penjualan pada PT. Kraft Foods Indonesia Surabaya.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang
tujuannya untuk menduga besarnya koefisien regresi yang menunjukkan besarnya
pengaruh saluran distribusi yang meliputi: grosir, agen, pengecer, supermarket
dan minimarket terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. Kraft Foods
Indonesia Surabaya.
Hasil pengujian secara simultan variabel saluran distribusi yang meliputi:
grosir, agen, pengecer, supermarket dan minimarket mempunyai peranan secara
signifikan terhadap peningkatan volume penjualan karena nilai sign 0,000 < (a)
0,05. Sedangkan R square sebesar 0,637 atau 63,70% yang berarti bahwa
sumbangan atau kontribusi dari variabel bebas saluran distribusi yang meliputi:
grosir, agen, pengecer, supermarket dan minimarket terhadap peningkatan volume
penjualan adalah besar, sedangkan sisanya dipengaruhi 36,30% dipengaruhi
variabel lain diluar model penelitian yang digunakan.
Hasil pengujian secara parsial saluran distribusi yang meliputi: grosir,
agen, pengecer, supermarket dan minimarket mempunyai peranan secara
signifikan terhadap volume penjualan pada PT. Kraft Foods Indonesia Surabaya.
Hal tersebut dapat dibuktikan dengan tingkat signifikan variabel saluran distribusi
yang meliputi: grosir, agen, pengecer, supermarket dan minimarket masingmasing
sebesar 0,000 lebih kecil dari < a = 5%.
Variabel yang mempunyai peranan dominan terhadap volume penjualan
adalah agen karena mempunyai koefisien determinasi parsialnya paling besar
yaitu sebesar 39,60%.
Kata Kunci: Saluran Distribusi, Volume Penjualan, Pengaruh Simultan,
Pengaruh Parsial, dan Koefisien Determinasi.
1S121554 | M-12/570 Mac a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain