Text
PERSEPSI KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN JASA KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. SOETOMO SURABAYA
Penelitian ini berupaya untuk mengetahui mengetahui persepsi kepuasan
konsumen atas kualitas jasa kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr.
Soetomo Surabaya sehingga konsumen terpuaskan.
Sedangkan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereka
yang menjadi pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya
dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden.
Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode
analisis tingkat kepentingan dan harapan pelanggan dengan tujuan mengetahui
kesesuaian antara tingkat kepentingan dan harapan serta pelaksanaan yang telah
dilakukan perusahaan. Sebagai pengukur tingkat kesesuaian antara kinerja
perusahaan dengan harapan konsumen dengan menggunakan perhitungan
Diagram Kartesius.
Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh bahwa untuk
kuadran A terdapat 4 (empat) faktor yang menempati kuadran ini, terdapat 5
(lima) faktor yang menempati kuadran B, ada 2 (dua) faktor yang menempati
kuadran C dan ada 4 (empat) faktor yang menempati kuadran D. Hal ini
menunjukkan bahwa layanan jasa kesehatan yang diberikan oleh Rumah Sakit
Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya telah cukup memuaskan pelanggan.
Kata Kunci : Kinerja dan Harapan, Pelayanan, Kepuasan Konsumen dan
Diagram Kartesius.
1S121567 | M-12/567 Sig p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain