Text
PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UD. AUTOVISION GRESIK
"Salah satu cara yang mutlak dilakukan oleh perusahaan jasa untuk mencapai dan
mempertahankan konsumennya adalah melakukan pendekatan secara langsung dengan cara
terus-menerus / continyu, maka diharapkan perusahaan lebih mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi kepuasan konsumen untuk mendapatkan perhatian agar ditindak lanjuti, serta
dilaksanakan, salah satunya adalah fasilitas dan pelayanan. Demikian halnya yang dilakukan
UD Auto Vision Gresik.
Tujuan diadakannya penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui apakah
fasilitas dan pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada UD
Auto Vision Gresik. Yang kedua adalah untuk mengetahui apakah fasilitas dan pelayanan
secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada UD Auto Vision Gresik. Dan
yang ketiga adalah untuk mengetahui apakah pelayanan mempunyai pengaruh dominan
terhadap kepuasan konsumen pada UD Auto Vision Gresik.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, hasil regresi
linier berganda adalah Kepuasan Konsumen = 0,085 + 0,096 Fasilitas + 0,083 Pelayanan.
Hasil pengujian Uji F didapat F
hitung
sebesar 14,540 jauh diatas F
(df = 2;118)
sebesar 3,073 pada tingkat signifikan 0,000. Maka pengaruh variabel bebas yang terdiri dari
fasilitas maupun pelayanan secara bersama-sama terhadap variabel kepuasan konsumen pada
UD Auto Vision Gresik adalah signifikan. Sedangkan tingkat koefisien determinasi simultan
(Adjust R square (R
2
)) sebesar 0,198 atau 19,8% yang menunjukkan bahwa sumbangan atau
kontribusi dari variabel bebas yang terdiri dari fasilitas dan pelayanan secara bersama-sama
terhadap kepuasan konsumen pada UD Auto Vision Gresik adalah tidak cukup besar.
Sedangkan sisanya (100% - 19,8% = 80,2%) dikontribusi oleh faktor lainnya.
Sedangkan hasil pengujian Uji t secara parsial adalah variabel fasilitas t
1,997 >
t
1,980 dengan sig = 0,048 (lebih kecil dari a = 0,050) sehingga fasilitas berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen, untuk variabel pelayanan t
tabel
hitung
tabel
hitung
4,129 > t
1.980
dengan sig = 0,000 (lebih kecil dari a = 0,050) sehingga pelayanan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan konsumen.
Variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan adalah pelayanan, karena
mempunyai koefisien determinasi parsialnya paling besar = 0,1260 dibandingkan variabel
fasilitas = 0,0328.
"
Kata Kunci : Fasilitas, Pelayanan, Kepuasan Konsumen
1S121535 | M-12/535 Luk p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain