Text
ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN E-KTP DALAM MENDUKUNG TERCIPTANYA GOOD GOVERNMENT (STUDI KASUS DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL)
Penelitian ini dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil yang terletak di Jalan Manyar Kertoarjo No. 6, Surabaya. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan e-KTP sebagai
upaya mendukung terciptanya good government. Penelitian ini dilakukan pada
tanggal 21 Juni 2013 sampai dengan 30 Agustus 2013.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Studi kasus dalam penelitian ini adalah Dinas Kependudukan Sipil
sebagai instansi yang berwenang dalam segala urusan administrasi
kependudukan. Untuk metode pengumpulan data penulis menggunakan data
primer yang berasal dari Dinas Kependudukan yakni jumlah wajib KTP dan
kuesioner.
Hasil penelitian ukuran efektivitas yang dilakukan diperoleh
prosentase keberhasilan yang mencapai 80% dari total jumlah wajib KTP di
Surabaya, jumlah tersebut didapat dengan menjumlahkan tingkat keberhasilan
yang dicapai pada tiap program sosialisasi. Maka berdasarkan hasil penelitian
sebaiknya Dinas Kependudukan dapat menambah lokasi untuk pelayanan e-
KTP tidak terbatas hanya di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Surabaya, pusat perbelanjaan, dan Sekolah Menengah Atas di kota Surabaya.
Namun juga dapat dilakukan di instansi kepolisian dan lain-lain. Selain itu
dapat juga menambah jadwal pelayanan perekaman e-KTP dan penambahan
sarana dan prasarana yang berkaitan dengan program e-KTP agar target yang
diharapkan dapat segera tercapai. Dengan menambah sarana dan prasarana,
jadwal pelayanan, dan lokasi pelayanan diharapkan pelaksanaan e-KTP efektif
sehingga dapat mendukung terciptanya good government .
Kata kunci : efektivitas, e-KTP, Good Governmen
primer yang berasal dari Dinas Kependudukan yakni jumlah wajib KTP dan
kuesioner.
Hasil penelitian ukuran efektivitas yang dilakukan diperoleh
prosentase keberhasilan yang mencapai 80% dari total jumlah wajib KTP di
Surabaya, jumlah tersebut didapat dengan menjumlahkan tingkat keberhasilan
yang dicapai pada tiap program sosialisasi. Maka berdasarkan hasil penelitian
sebaiknya Dinas Kependudukan dapat menambah lokasi untuk pelayanan e-
KTP tidak terbatas hanya di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Surabaya, pusat perbelanjaan, dan Sekolah Menengah Atas di kota Surabaya.
Namun juga dapat dilakukan di instansi kepolisian dan lain-lain. Selain itu
dapat juga menambah jadwal pelayanan perekaman e-KTP dan penambahan
sarana dan prasarana yang berkaitan dengan program e-KTP agar target yang
diharapkan dapat segera tercapai. Dengan menambah sarana dan prasarana,
jadwal pelayanan, dan lokasi pelayanan diharapkan pelaksanaan e-KTP efektif
sehingga dapat mendukung terciptanya good government .
Kata kunci : efektivitas, e-KTP, Good Government
1S132261 | A-13/261 Rhy a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain