Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja perusahaan (diproksi oleh CAR) manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode pengamatan tahun 2009-2011. Variabel independen dalam penelitian ini adalah CSR dimensi economy, CSR dimensi environment serta CSR dimensi social, sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah CAR. Penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol berupa price to book value (PBV) dan debt equity ratio (DER).
Sampel penelitian ini berjumlah 20 perusahaan manufaktur yang mempunyai periode pengamatan dari 2009-2011. Jadi objek yang diteliti yaitu 60 jumlah pengamatan. Namun ada 20 data pengamatan yang dioutlier. Sehingga total keseluruhan pengamatan menjadi 40. Penggunaan sampel berdasarkan purposive sampling. Sedangkan Uji hipotesis yang digunakan yaitu analisa regresi linier berganda.
Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel CSR dimensi economy, environment dan social berpengaruh signifikan terhadap CAR. Hasil penelitian Secara simultan dengan menggunakan variabel PBV dan DER serta variabel independen yaitu CSR dimensi economy, environment dan social berpengaruh signifikan terhadap CAR.
Kata kunci: CSR, CSR dimensi economy, CSR dimensi environment, CSR dimensi social, kinerja perusahaan, stock return.
1S132271 | A-13/271 Ati p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain