Text
ANALISIS CRITICAL SUCCESS FACTOR SEBAGAI PENDUKUNG DALAM MEMPERTAHANKAN KEUNGGULAN BERSAING DAN MENILAI KINERJA CV KARYA PUTRA
Dengan semakin banyaknya industry jasa yang bermunculan, mengakibatkan adanya persaingan yang cukup ketat dalam mendapatkan konsumen. Adapun keunggulan dalam bersaing dapat dilakukan suatu perusahaan dengan cara menambah mesin maupun tenaga kerja agar pengerjaannya semakin efisien dan akurat sehingga konsumen tidak berpindah ke bengkel lain. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kinerja layanan CV Karya Putra dengan menggunakan analisis Critical Success Factor. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik analisis data pada metode kualitatif menggunakan analisis deskriptif.
Hasil analisis SWOT kekuatan CV Karya Putra terletak pada pembuatan sparepart duplikat yang bermutu, tarif bengkel sangat terjangkau adanya garansi sparepart dan reputasi yang cukup baik dalam pelayanan jasa bengkel. Kelemahan yaitu kurangnya jaringan pemasaran yang langsung ke konsumen, serta fasilitas ruang tunggu AC, majalah, makanan ringan tidak ada, kebersihan ruang tunggu untuk pelanggan tidak memadai dan tingkat pendidikan tenaga reparasi yang kurang serta tidak adanya devisi bidang khusus untuk inovasi. Berdasarkan analisis peluang bagi CV Karya Putra cukup besar karena adanya program pemerintah untuk Surabaya sebagai kota wisata di Asia. Juga besarnya minat pemuda Surabaya terhadap kendaraan bermotor dan mobil untuk gaya hidup serta kecenderungan mereka untuk memodifikasi dan meningkatkan performa kendaraannya. Analisis ancaman yaitu banyak berdirinya dealer resmi pesaing, dan dealer motor lain yang menjamur di Surabaya dan munculnya isu spare part palsu dengan kwalitas sangat rendah. Dengan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT), management dalam mengambil keputusan yang diperlukan untuk mencapai tingkat keunggulan bersaing yang memadai. Dari hasil penelitian perusahaan belum pernah melakukan analisis sehingga belum mengetahui kekuatan, kelemahan, peluangan dan ancaman perusahaan. Penelitian ini diharapkan untuk membantu perusahaan mempertahankan kekuatan dan memperbaiki kelemahan. Juga data mengenai peluang yang ada seperti jumlah pelanggan dan kerjasama dengan club modifikasi maka dapat meningkatkan keunggulan bersaing.
Dari pembahasan di atas dengan melakukan analisis SWOT dan mencari faktor-faktor yang secara periodik dengan melakukan Critical Success Factor dapat meningkatkan keunggulan bersaing.
Kata kunci: Critical Success, SWOT, Keunggulan bersaing
1S132282 | A-13/282 Lus a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain