Text
EVALUASI PENGENDALIAN INTERN SISTEM PENAGIHAN PIUTANG PADA PT PANGAN MITRA SEJAHTERA
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem penagihan piutang pada PT Pangan Mitra Sejahtera. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu suatu penelitian yang dimulai dari fakta (fenomena) dan bukan hipotesis. Sehubungan variabel kinerja yang kompleks, saling berkaitan dan berdasarkan pandangan orang dalam, maka penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Metode penelitian studi kasus (case study) yang bersifat eksplanatif yaitu penelitian pada suatu permasalahan melalui suatu kasus di perusahaan berdasarkan beberapa teori dan penelitian empiris yang mendukung.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelanggan PT Pangan Mitra Sejahtera banyak yang memiliki waktu pembayaran piutang melebihi dari batas waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan yaitu 2 minggu. Sistem informasi pada PT Pangan Mitra Sejahtera menunjukkan lemahnya proteksi atau bagian yang bertanggung jawab untuk mengecek piutang yang jatuh tempo. Dampak yang ditimbulkan adalah piutang yang belum tertagih menumpuk dalam jumlah yang besar dan dalam jangka waktu yang lama. Alternatif penyelesaian piutang yang melebihi batas waktu pembayaran dengan cara mengurangi discount pembelian dan untuk mempercepat pembayaran piutang adalah dengan cara customer memberikan bank garansi kepada perusahaan, hal ini mempermudah perusahaan mendapatkan pembayaran dari customer.
Kata kunci: Sistem Penagihan, Pengendalian Intern, Batas Pembayaran, Denda Keterlambatan.
1S132278 | A-13/278 Nur e c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain