Text
PENILAIAN KINERJA PELAYANAN KANTOR KELURAHAN GENTENG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengukur tingkat
kepuasan masyarakat terhadap kantor Kelurahan Genteng dengan menggunakan
Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan
Instansi Pemerintah dan tingkat kinerja unit pelayanan kantor Kelurahan Genteng
sebagai unit pelayanan instansi pemerintah dalam rangka peningkatan kualitas
pelayanan publik.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian
yang digunakan adalah suatu instansi pemerintah yang bergerak pada bidang jasa
pelayanan public yaitu kantor Kelurahan Genteng Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengukuran dengan
menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang berdasarkan Keputusan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/24 secara
menyeluruh diperoleh nilai sebesar 75.5 yang posisinya berada pada interval
62.51-81.25 yang berarti bahwa mutu pelayanan B atau Baik.
Dapat disimpulkan bahwa Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan
Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah dibutuhkan sebagai alat untuk
mengukur kinerja pelayanan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit
pelayanan Instansi Pemerintah secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan
kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan public dan tindak lanjut
dari complain warga. Sebagaimana analisis kinerja pelayanan kantor Kelurahan
Genteng dari perspektif pelanggan terhadap kepuasan pelanggan dengan Indeks
Kepuasan Masyarakat secara keseluruhan dikatakan “baik”.
Kata kunci: Pengukuran Kinerja Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat
(IKM), Analisis Kinerja Pelayanan
1S132296 | A-13/296 Gal p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain