Text
PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT IMPLEMENTASI STRATEGI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH IBNU SINA GRESIK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan pengukuran kinerja berbasis strategi dengan konsep Balanced Scorecard pada Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Gresik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dimana peneliti melakukan evaluasi kinerja rumah sakit antar periode kemudian membandingkan dengan target yang sebelumnya telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan menerapkan pengukuran kinerja berbasis strategi Balanced Scorecard dapat membantu manajemen rumah sakit untuk menterjemahkan visi, misi, tujuan, dan strategi organisasi. Hasil analisis pengukuran kinerja tahun 2012 dibanding tahun 2011 perspektif keuangan dari tingkat pertumbuhan arus kas aktivitas operasi menunjukkan penurunan sebesar 20%, sedangkan dari rasio likuiditas juga mengalami penurunan sebesar 125%. Perspektif pelanggan untuk BOR (Bed Occupancy Rate) mengalami penurunan sebesar 7,92%, untuk jumlah kunjungan pasien perhari baik IRD (Instalasi Rawat Darurat) maupun IRJ (Instalasi Rawat Jalan) mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Perspektif proses bisnis internal untuk tingkat penyediaan obat mengalami peningkatan sebesar 39%, Sedangkan untuk penambahan peralatan, pemeliharaan, dan sanitasi lingkungan telah mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan bahwa retensi karyawan sangat rendah dan pelatihan karyawan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.
Dari pembahasan diatas disimpulkan bahwa dengan diterapkannya konsep Balanced Scorecard pihak manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Gresik dapat mengukur kinerja baik dari aspek keuangan maupun non keuangan. Saran yang dapat diambil dari penelitian adalah dengan penerapan konsep Balanced Scorecard sebaiknya didukung oleh semua komponen yang ada terutama dari pihak direktur rumah sakit yang merupakan pimpinan tertinggi serta didukung pula oleh koordinasi yang baik antara pegawai yang ada dalam usaha meningkatkan jasa pelayanan kesehatan diantaranya dengan peningkatan pelatihan/seminar kepada petugas medis dan para medis, penambahan peralatan medis, kemudahan akses pelayanan, fasilitas sarana dan prasarana yang lebih baik. Sehingga manajemen rumah sakit dapat mengambil langkah-langkah perbaikan guna peningkatan kinerja dimasa yang akan datang.
Kata kunci : Balanced Scorecard, implementasi strategi, ukuran kinerja
1S132299 | A-13/299 Ryz p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain