Text
PENGUKURAN KINERJA UNIT KERJA PEMERINTAH BERDASARKAN PERSPEKTIF VALUE FOR MONEY (Studi Kasus Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo)
INTISARI
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui model pengukuran kinerja pelaksanaan program dan kegiatan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo dengan perspektif pengukuran kinerja Value For Money. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan cara mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data yang diperoleh, berupa keterangan yang lengkap dan benar, sehingga peneliti lebih mudah memperoleh gambaran mengenai sifat (karakteristik) obyek dari data tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumenter dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pendidikan telah berhasil mencapai tingkat ekonomi, efisiensi dan efektivitas yang diharapkan. Kinerja ekonomi dilihat dari jumlah realisasi lebih kecil dari jumlah anggaran. Kinerja efisiensi dilihat dari perbandingan antara output dengan input, dimana rencana program kerja dan kegiatan instansi dapat dicapai dan direalisasikan sesuai dengan target yang direncanakan. Sedangkan kinerja efektivitas dapat dilihat dari hasil-hasil pencapaian indikator kinerja sasaran dalam mencapai suatu tujuan organisasi, dimana hasil kegiatan untuk mencapai tujuan dapat direalisasikan sesuai dengan program yang dicanangkan. Meskipun kinerja ekonomi, efisiensi dan efektivitas Dinas Pendidikan tercapai, namun demikian masih diperlukan pengembangan terhadap indikator kinerja Value For Money, sehingga dapat menjelaskan secara komprehensif capaian kinerja Dinas Pendidikan.
Kata kunci: Kinerja, Value For Money, ekonomi, efisiensi, efektivitas
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain