Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. UNITED MOTOR CENTRE (UMC) SUZUKI SURABAYA
INTISARI
Kepuasan atau ketidakpuasan konsumen merupakan perilaku konsumen setelah pembelian.Faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk adalah produk, harga, promosi dan distribusi atau yang dikenal dengan bauran pemasaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, tempat, dan promosi baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen.Responden dalam penelitian ini adalah pembeli mobil pada PT. United Motor Centre (UMC) Suzuki Surabaya yang berjumlah 50 orang.Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji F, uji t,dankoefisien determinasi partial (r2).
Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa secara simultan produk, harga, tempat, dan promosiberpengaruh terhadap kepuasan konsumen karena mempunyai nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa secara parsial produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan konsumenkarena semua variabel bebas mempunyai nilai signifikansi < 0,05.Dari hasil koefisien determinasi parsial diketahui bahwa variabel tempat (X3) berpengaruh dominan terhadapkeputusan menabung (Y) karena mempunyai nilai koefisien determinasi yang paling besar yaitu sebesar sebesar 24,0%.
Kata kunci: produk, harga, tempat, promosi,kepuasan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain