Text
PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA
Isu mengenai Corporate Social Responsbility (CSR) saat ini tengah
berkembang dengan pesat. Perusahaan tidak hanya dihadapkan pada tanggung jawab
yang bertujuan untuk memaksimalkan kepentingan usahanya saja namun juga harus
lebih memperhatikan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengungkapan Corporate Social Responsibility dan ukuran perusahaan
yang dapat mempengaruhi profitabilitas.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
perusahaan manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia selama 3 tahun periode
observasi (2009-2011). Total sampel dalam penelitian adalah 31 perusahaan yang
ditentukan melalui purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Teknik analisis yang digunakan berupa
uji statistik F yang menunjukkan apakah semua variabel independen yang
dimasukkan dalam model mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap
variabel dependen dan uji statistik t yang menunjukkan seberapa jauh satu variabel
independen secara individual dalam menerangkan variasi variabel dependen dengan
tingkat signifikasi sebesar 5%.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara bersama-sama (simultan) CSR
dan ukuran perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas.
Secara parsial CSR mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas,
sedangkan ukuran perusahaan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
profitabilitas.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), ukuran perusahaan, profitabilitas.
1S132068 | A-13/068 Eva p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain