Text
PELAKSANAAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PROSEDUR PENERIMAAN & PENGELUARAN BARANG PADA UD. DWI JAYA SENTOSA SURABAYA
Penerapan sistem akuntansi yang baik perlu didukung usaha yang
mengharuskan setiap perusahaan untuk menyesuaikan diri terhadap perubahanperubahan
yang ada antara lain peraturan-peraturan pemerintah yang baru,
perubahan dalam prinsip akuntansi, kebijakan manajemen dan lain sebagainya.
Sejalan dengan perkembangan perusahaan, maka akan timbul masalah yang
disebabkan karena meluasnya ruang lingkup dan kegiatan operasi perusahaan.
Oleh karena itu diperlukan sistem akuntansi untuk menunjang pencapaian tujuan
perusahaan, diperlukan adanya prosedur yang tepat dalam mengelola sistem
informasi akuntansi agar dapat sesuai dengan arah dan tujusn perusahaan.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka peneliti melakukan penelitian tentang
“Pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern terhadap Prosedur Penerimaan dan
Pengeluaran Barang pada UD. Dwi Jaya Sentosa Surabaya“.
Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif yakni merupakan
analisis data yang dilakukan dengan cara bekerja dengan data, mengorganisasikan
data, memilah menjadi satuan yang dikelola, mencari dan menemukan pola,
menemukan apa yang penting, dan apa yang dipelajari, yang berupa kalimat dan
kata-kata yang dilakukan dengan wawancara terstruktur dan observasi.
Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini adalah adanya
perangkapan fungsi yang dilakukan oleh bagian penerimaan barang dengan bagian
penyimpanan barang (gudang) disebabkan tidak adanya pemisahan fungsi secara
jelas dalam bagian ini. Sehingga pada saat barang datang langsung diterima dan
disimpan oleh bagian gudang tanpa melalui bagian penerimaan untuk memeriksa
tentang keadaan barang tersebut.
Adanya kesalahan dalam hal permintaan, penerimaan dan pengeluaran
barang disebabkan karena masih banyak permintaan atau perintah yang dilakukan
secara lisan serta kurangnya formulir dan pendistribusian atas formulir tersebut
kepada bagian-bagian yang bersangkutan. Tidak adanya informasi yang akurat
mengenai persediaan dalam persediaan disebabkan karena selama ini pencatatan
persediaan yang dilakukan dalam perusahaan hanya dilakukan oleh bagian gudang
yang menuliskan pada kartu stok barang sedangkan bagian administrasi
perusahaan selama ini tidak melakukan pencatatan atas keluar masuknya barang,
sehingga menyulitkan bagian gudang untuk mengetahui persediaan yang ada
digudang.
Kurangnya penggunaan formulir dan pendistribusian untuk setiap bagian
yang terkait sebagai alat komunikasi dalam melakukan permintaan, penerimaan
dan pengeluaran barang ini akan mengakibatkan kesalahan yang terjadi di dalam
menerima informasi mengenai perintah pemesanan. Tidak terdapatnya pencatatan
persediaan yang dilakukan oleh bagian administrasi perusahaan pada kartu
persediaan barang akan mengakibatkan kesulitan untuk memperoleh informasi
yang akurat mengenai persediaan kantor. Selain itu terdapat suatu kesulitan dalam
melakukan pengendalian atas persediaan yang ada di dalam perusahaan.
Kata-kata kunci: pelaksanaan sistem pengendalian intern, prosedur penerimaan,
pengeluaran barang.
1S132085 | A-13/085 Sri p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain