Text
PENERAPAN BALANCED SCORCARD SEBAGAI DASAR PENGUKURAN KINERJA PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) WARTANI GRESIK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Balanced
Scorecard sebagai dasar penilaian kinerja pada KPRI “WARTANI” Gresik yang
telah dicapai selama tiga tahun berturut-turut.
Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis
deskriftif pendekatan kualitatif untuk mengungkapkan uraian-uraian serta
penjelasan dengan membandingkan antara data yang diperoleh dari penelitian
dengan dasar-dasar teori yang ada.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa koperasi selama ini hanya mengukur
kinerja dari aspek keuangan, berdasarkan hasil analisis kinerja diketahui bahwa
dari perspektif keuangan yaitu current ratio dan quick ratio meningkat, ROI dan
net profit margin menurun. Dari perspektif pelanggan yaitu anggota koperasi yang
kembali melakukan pembelian menunjukkan tingkat customer retention yang
meningkat, on time delivery menunjukkan meningkatnya ketepatan waktu dalam
pengiriman bibit benih, untuk number of complain menunjukkan penurunan
complain. Dari perspektif bisnis internal koperasi telah melakukan beberapa
inovasi diantaranya bibit benih 46, bibit benih 36, bibit benih 64, tahun 2011
koperasi melakukan inovasi yaitu penggunaan campuran pupuk urea dan pupuk
organik, sistem pembayaran saat ini dapat dilakukan melalui petugas khusus yang
datang, untuk sistem pemasaran sebelumnya hanya dari mulut ke mulut namun
saat ini pemasaran dilakukan melalui penyuluhan. Dari perspektif pertumbuhan
dan pembelajaran yaitu employee turnover menunjukkan penurunan pegawai yang
keluar, absenteeism menunjukkan penurunan absensi pegawai, untuk
meningkatkan kompetensi karyawan, koperasi melakukan training sesuai yang
ditargetkan.
Dari pembahasan diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan
penerapan balanced sorecard maka koperasi dapat mengetahui baik kinerja
keuangan maupun operasional sehingga diharapkan kedepan dapat mendorong
pengurus koperasi untuk mencapai visi yang ditetapkan yaitu mewujudkan
kesejahteraan anggota.
Kata kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Analisis Kinerja.
1S132196 | A-13/196 Ism p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain