Text
PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR DALAM PENGUKURAN KINERJA PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO), TBK KANTOR CABANG SURABAYA
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif
dengan pendekatan studi kasusyang dilakukan pada PT. Bank Tabungan Negara
(Persero), Tbk Kantor Cabang Surabaya dengan mengambil data selama tiga
tahun, yaitu dari tahun 2010 hingga 2012. Pengumpulan data menggunakan data
primer dan skunder. Data diperoleh melalui observasi, dokumenter, wawancara,
dan penyebaran kuisioner.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
kinerja Bank BTN Kantor Cabang Surabaya dengan menggunakan Balanced
Scorcard. Sehingga diharapkan Bank BTN Kantor Cabang Surabaya mampu
menjadi Bank terpercaya dalam penyedia kredit perumahan dan dapat
menghasilkan laba optimal.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat diketahui bahwa
perspektif keuangan yaitu rasio ROA, BOPO, dan LDR mengalami peningkatan
cost effective untuk mencapai laba optimal. Perspektif pelanggan dalam menarik
nasabah nasabah baru menghasilkan angka yang baik dengan didukung kepuasan
nasabah yang menghasilkan kepuasan selama tiga tahun. Perspektif bisnis internal
menggunakan rasio AETR menunjukkan peningkatan efektivitas, efisiensi dan
ketepatan proses transaksi. Kemudian perspektif pembelajaran dan pertumbuhan
menunjukkan peningkatan produktivitas karyawan dan tingkat presentase
pelatihan karyawan yang terampil setiap tahunnya. Hal ini mempengaruhi
peningkatan tingkat kepuasan karyawan selama tiga tahun yang menghasilkan
kategori puas/ baik.
Kata kunci : Balanced Scorecard, penilaian kinerja
1S132212 | A-13/212 Noe p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain