Text
METODE PSYCHOLOGICAL PRICINE DALAM MENCIPTAKAN PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEBAGAI SUATU STRATEGI PENETAPAN HARGA (STUDI PADA UD. MAMUR KAPAS KRAMPUNG SURABAYA)
Harga itu sebenarnya merupakan nilai yang dinyatakan dalam satuan mata uang atau alat tukar terhadap suatu barang tertentu. Tetapi, dalam kenyataannya besar kecilnya nilai atau harga itu tidak hanya ditentukan oleh faktor fisik saja yang diperhitungkan, akan tetapi faktor-faktor psikologis dan faktor lain berpengaruh pula terhadap harga. Penetapan harga menjadi hal yang sangat penting ketika perusahaan harus menetapkan harga untuk pertama kalinya. Perusahaan harus dapat menempatkan atau memposisikan produknya untuk masuk dan dapat diterima oleh pasar dengan salah satu caranya adalah menetapkan harga yang layak dipasaran. Salah satu bentuk strategi penetapan harga yang digunakan untuk menciptakan proses keputusan konsumen adalah Metode Psychological Pricing. Tujuan perusahaan menggunakan strategi penetapan ini yaitu harga ini memiliki dampak psikologis yang mendorong permintaan yang lebih besar dari yang diharapkan jika konsumen memang sensitif terhadap harga. Desain penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan cara mengumpulkan, mengolah, dan kemudian menyajikan data yang diperoleh dari hasil penelitian sesuai kenyataan. Strategi harga ganjil akan efektif diterapkan apabila konsumen memang sensitif terhadap harga. Dengan adanya penetapan harga psikologis ini diharapkan perusahaan mampu meningkatkan penjualannya, sehingga memungkinkan untuk meningkatkan laba operasi perusahaan serta meningkatkan profitabilitas perusahaan.
Kata kunci : Metode Psychological Pricing, pelanggan, keputusan pembelian
1S121417 | A-12/417 Ani m c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain