Text
EVALUASI ATAS PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD
Kinerja sektor publik merupakan sesuatu yang dihasilkan oleh sektor publik dalam periode waktu tertentu yang mengacu pada standar yang telah ditetapkan. Sehingga kinerja sektor publik hendaknya merupakan hasil yang dapat diukur keberhasilannya. Untuk mengetahui keberhasilan yang telah dicapai suatu sektor publik, maka dilakukan pengukuran kinerja yang merupakan suatu proses untuk mengukur sejauh mana manajemen atau seseorang dapat melakukan tugas atau pekerjaannya yang dibebankan kepadanya. Metode Balanced Scorecard merupakan salah satu dari metode pengukuran kinerja, dimana dalam metode ini mampu memberikan gambaran kinerja secara komprehensif tidak hanya dari sisi keuangan saja tetapi juga dari sisi non keuangan. Yang dirumuskan secara garis besar dalam empat perspektif penting yaitu, perspektif keuangan, perspektif kepuasan pelanggan, perspektif proses internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif, dimana kegiatannya mengumpulkan kemudian menganalisis dan mendokumentasi data yang telah dikumpulkan dari pengamatan langsung, serta wawancara mendalam yang tidak terstruktur terhadap pihak-pihak yang terkait dalam Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Kemudian data tersebut disajikan dan dijelaskan dalam bentuk tabel dan analisa yang sederhana dengan mengungkapkan fakta sektor publik dengan menggunakan metode yang terkandung didalam Balanced Scorecard.
Hasil evaluasi penelitian dengan metode Balanced Scorecard yang telah diterapakan di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan pendapatan dan perubahan biaya menunjukkan kinerja keuangan yang baik, kemudian dari hasil angket kepuasan pasien pada perspektif pelanggan yang sudah tersedia dalam Rumah Sakit Umum Haji Surabaya itu sendiri dapat dinilai memuaskan, dalam hal perspektif proses internal inovasi, operasional, dan respons time yang dibuat oleh pihak rumah sakit, dapat dikatakan baik, sedangkan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, retensi karyawan, serta pelatihan atau seminar yang dilakukan pihak rumah sakit dipat dikatakan dengan baik pula. Maka dalam evaluasi penerapannya menggunakan metode Balanced Scorecard, Rumah Sakit Umum Haji Surabaya dinilai berhasil dalam menjalankan manajemen yang terstruktur hingga saat ini. Namun meskipun demikian, masih perlu dilakukan pengembangan dan re-evaluasi indikator pada masing-masing perspektif secara relevan.
Kata kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Strategi
1S121479 | A-12/479 Asm e c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain