Text
IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PADA PT. ASURANSI ADIRA DINAMIKA CABANG SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai implementasi Balanced Scorecard sebagai alat pengukuran kinerja pada PT. Asuransi Adira Dinamika Cabang Surabaya (Adira Insurance), sehingga selaras dengan visi dan misi yang ingin dicapai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan penelitian kualitatif yang tujuannya yaitu untuk mencari suatu bentuk pengetahuan baru untuk menjelaskan secara rinci dan mendalam tentang obyek studi, menemukan metode untuk menyelesaikan masalah, dan mencari bentuk-bentuk aplikasi praktis. PT. Asuransi Adira Dinamika Cabang Surabaya selama ini hanya mengukur didasarkan pada aspek keuangan saja dalam menilai kinerja perusahaan sedangkan aspek non keuangan tidak digunakan dalam pengukuran tersebut. Pengukuran dengan menggunakan Balanced Scorecard juga di dukung dengan strategi atau kebijakan mutu ke dalam sasaran strategi. Sehingga dapat mengetahui kondisi kinerja dengan membandingkan hasil analisis sebelumnya selama periode tahun 2008 hingga 2010. Berdasarkan analisis data yang telah di dapat dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, didalam menerjamahkan visi, misi, strategi atau kebijakan mutu perusahaan ke sasaran strategi menurut empat perspektif, maka diperoleh simpulan bahwa di tinjau dari perspektif keuangan yaitu return On Investment, Net Profit Margin, dan Growth Rate Revenue menunjukkan kinerja keuangan dikatakan baik, hal tersebut dapat dilihat dari ketiga indikator pada perspektif keuangan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Ditinjau dari perspektif pelanggan yaitu Customer Retention, Customer Acquisition, dan Number of Complaint dikatakan cukup baik dalam memuaskan nasabah perusahaan. Ditinjau dari perspektif proses bisnis internal yaitu Minimize Error Rate and Rework (MERR) serta Process Time menunjukkan kinerja yang baik di dalam melakukan inovasi-inovasi untuk menekan tingkat kesalahan karyawan serta pelayanan yang di lakukan oleh karyawan terhadap nasabah perusahaan. Ditinjau dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yaitu Employee Training menunjukkan kinerja di dalam mengembangkan pengetahuan karyawan dikatakan baik, sehingga diharapkan karyawan mampu melaksanakan kinerja di bidangnya masing-masing. Untuk itu disarankan pada PT. Asuransi Adira Dinamika Cabang Surabaya (Adira Insurance) sebaiknya menggunakan metode Balanced Scorecard sebagai tolok ukur kinerja perusahaan dimana data-data yang digunakan sebagai bahan analisis kinerja berdasarkan keempat perspektif dalam Balanced Scorecard. Dengan menggunakan model pengukuran Balanced Scorecard dapat membantu meningkatkan aspek keuangan dan non keuangan perusahaan, sehingga mampu mewujudkan visi, misi, dan strategi perusahaan dalam persaingan bisnis ke dalam satu laporan manajemen yang lengkap dan juga dapat memberikan gambaran operasi perusahaan secara menyeluruh.
Kata kunci: balanced scorecard, strategi, kinerja
1S121488 | A-12/488 Moc i c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain