Text
PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI FUNGSI PEMASARAN PADA PT. SUBAINDO CAHAYA POLYNTRACO SURABAYA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh faktor internal dan eksternal dalam kegiatan pemasaran di PT. Subaindo Cahaya Polintraco dan untuk mengetahui tingkat keefektifan dan keefisienan antara hasil yang dicapai dengan besarnya biaya yang dikeluarkan.
Metode pemecahan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif yang dimana penulis melakukan penelitian secara langsung, yaitu dengan teknik pengumpulan data, wawancara, dan dokumentasi sebagai landasan penerapan audit operasional dalam penilaian kinerja fungsi pemasaran.
Faktor-faktor internal dan eksternal yang ada dalam audit pemasaran sangat berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh PT. Subaindo Cahaya Polintraco. Berdasarkan hasil audit operasioanal menunjukkan bahwa kinerja PT.Subaindo Cahaya Polintraco dapat dikategorikan baik, namun masih terdapat beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki khususnya dalam hal promosi yang diberikan sebagai usaha untuk mempertahankan minat pelanggan dan meningkatkan volume penjualan. Walaupun demikian, kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh PT. Subaindo Cahaya Polintraco sudah dapat dikatakan efektif dan efisien. Disarankan PT. Subaindo Cahaya Polintraco dapat membenahi sistem pemasaran dan melengkapi brosur-brosur yang dimilikinya, agar tidak terjadi kerancuan dalam pemberian info serta dapat mempertahankan dan meningkatkan volume pelanggan. Sehingga kegiatan pemasaran yang dilakukan dapat lebih efektif dan efisien.
Kata kunci : Faktor Internal dan Eksternal, Audit Operasional, Audit Pemasaran
1S121460 | A-12/460 Ira p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain