Text
PENGUKURAN KINERJA KOPORASI WANITA "WASPADA" SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Koperasi Wanita “WASPADA” Surabaya yang beralamat di jalan Kedung Anyar V no. 14 Surabaya yang diukur dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan mengetahui bagaimana tingkat kesesuaian antara kinerja pelayanan dengan harapan/kepentingan masayrakat. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan rancangan atau desain penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan memaparkannya kedalam diagram kartesius. Hasil survey yang dilakukan pada penelitian di Koperasi Wanita “WASPADA” Surabaya tentang pengukuran kinerja yang dinilai dari Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) diperoleh hasil masing-masing indikator yaitu (1) prosedur pelayanan, (2) persyaratan pelayanan, (3) kejelasan petugas pelayanan, (4) kedisiplinan petugas pelayanan, (5) tanggung jawab petugas pelayanan, (6) kemampuan petugas pelayanan, (7) kecepatan pelayanan, (8) keadilan mendapat pelayanan, (9) kesopanan dan keramahan petugas, (10) kewajaran biaya pelayanan, (11) kepastian biaya pelayanan, (12) kepastian jadwal pelayanan, (13) kenyamanan pelayanan, (14) keamanan pelayanan berada pada posisi baik dan diperoleh hasil indeks secara keseluruhan sebesar 3,12755 dan nilai IKM setelah dikonversi 3,12755 x 25 = 78,18 yang berarti kinerja unit pelayanan baik, sedangkan untuk tingkat kesesuaian antara harapan / kepentingan masyarakat dengan kinerja diperoleh nilai 91,81 % kinerja pelayanan sudah sesuai dengan harapan masyarakat. Dari 14 (empat belas) indikator unsur-unsur layanan IKM dipaparkan kedalam Diagram Kartesius yang terdiri dari 4 ( empat ) kuadran antara lain : 1). Kuadran A yang merupakan prioritas utama, tetapi perusahaan belum melaksanakan dengan baik. 2). Kuadran B merupakan hal yang harus dipertahankan oleh perusahaan, karena sudah dilakukan dengan baik. 3) Kuadran C merupakan prioritas rendah, karena bagi pelanggan merupakan hal yang kurang penting tetapi perusahaan melaksanakan biasa-biasa saja. 4). Kuadran D merupakan hal yang berlebihan yang dilakukan perusahaan. Dengan dipisahkan oleh dua sumbu yaitu sumbu X dan sumbu Y.
Kata kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Pengukuran Kinerja, Diagram Kartesius
1S121454 | A-12/454 Nug p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain