Text
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH TABUNGAN SIMPEDES STUDI KASUS PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA, TBK UNIT PUTAT JAYA SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel dalam konsep Relationship Marketing yang terdiri dari kualitas layanan dan komunikasi, baik secara simultan dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan Simpedes PT Bank Rakyat Indoensia, Tbk Unit Putat Jaya, Surabaya. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda dengan tujuan untuk menghitung besarnya koefisien regresi guna menunjukkan besarnya pengaruh variabel-variabel dalam konsep Relationship Marketing yang terdiri dari kualitas layanan dan komunikasi, baik secara simultan dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan Simpedes PT Bank Rakyat Indoensia, Tbk Unit Putat Jaya, Surabaya. Hasil pengujian secara simultan didapat Fhitung sebesar 87,309 jauh diatas Ftabel (df = 2;107) sebesar 3,081 pada tingkat signifikan 0,000. Maka pengaruh variabel relationship marketing yang terdiri dari pelayanan dan komunikasi secara bersama- sama terhadap kepuasan pelanggan pada BRI khususnya unit Putat Jaya Surabaya adalah signifikan. Sedangkan besarnya koefisien korelasi (R) sebesar 0,787 atau 78.7 % yang berarti bahwa korelasi atau hubungan antara variabel relationship marketing yang terdiri dari pelayanan dan komunikasi secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pada BRI khususnya unit Putat Jaya Surabaya memiliki hubungan yang erat. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel-variabel dalam konsep Relationship Marketing yang terdiri dari kualitas layanan dan komunikasi, masing- masing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan ditunjukkanya hasil signifikansi variabel bebas tersebut kesemuanya masih dibawah batas tolerasi kesalahan (a) sebesar 5%. Variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan nasabah adalah variabel kualitas pelayanan yang memiliki koefisien determinasi parsial paling tinggi yaitu sebesar 27,46 % lebih besar dari koefisien determinasi yang dimiliki oleh variabel elemen-elemen iklan yang lainnya.
Kata Kunci :Variabel-variabel Relationship Marketing, Kepuasan Pelanggan, Uji Simultan, Uji Parsial, Koefisien Determinasi
1S122119 | M-12/119 End p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain