Text
PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP JUMLAH HUNIAN KAMAR PADA HOTEL PURNAMA BATU-MALANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Promosi baik
secara Simultan maupun terhadap Jumlah Hunian Kamar pada Purnama Hotel di
Malang
Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda guna
menunjukkan besarnya pengaruh variabel bebas yang terdiri dari Harga dan
Promosi baik secara Simultan maupun terhadap Jumlah Hunian Kamar pada
Purnama Hotel di Malang
Hasil pengujian secara simultan menunjukkan pengaruh variabel bebas yang
terdiri dari harga dan promosi secara bersama-sama (simultan) terhadap jumlah
hunian Hotel Purnama Batu Malang adalah signifikan. Hasil ini mengindikasikan
bahwa naik turunnya jumlah hunian hotel ditentukan oleh strategi harga yang
diterapkan, serta kegiatan promosi yang dilakukan manajemen hotel. Kondisi ini
juga didukung dengan perolehan koefisien korelasi sebesar 82,0 % yang
mengindikasikan variabel bebas harga, dan promosi secara bersama-sama
memiliki hubungan yang kuat terhadap jumlah hunian Hotel Purnama Batu
Malang.
Hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel bebas yang terdiri dari
harga dan promosi masing-masing berpengaruh signifikan terhadap jumlah hunian
Hotel Purnama Batu Malang. Hasil ini diindikasikan dengan perolehan tingkat
signifikansi dari masing-masing variabel tersebut masih dibawah a = 5%
Variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap jumlah
hunian Hotel Purnama Batu Malang adalah promosi karena mempunyai koefisien
determinasi partialnya paling besar yaitu sebesar 67,24 % dibandingkan variabel
harga sebesar 39,19%.
Kata Kunci :Harga, Promosi, Jumlah Hunian, Uji Simultan, Uji Parsial, Koefisien
Determinasi
1S122112 | M-12/116 Put p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain