Text
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PENJUALAN PADA PT. DUA BURUNG BEVERAGE DI SURABAYA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel produk, harga, saluran distribusi, dan promosi secara simultan maupun parsial terhadap volume penjualan pada PT Dua Burung di Surabaya. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda bertujuan untuk menghitung besarnya koefisien regresi guna menunjukkan besarnya pengaruh variabel produk, harga, saluran distribusi, dan promosi secara simultan maupun parsial terhadap volume penjualan pada PT Dua Burung di Surabaya. Hasil pengujian secara simultan dengan menggunakan uji F menunjukkan menunjukkan pengaruh variabel marketing mix yang terdiri dari varian produk, harga, distribusi dan promosi secara bersama-sama terhadap variabel volume penjualan adalah signifikan. Kondisi ini mencerminkan bahwa naik turunnya volume penjualan di tentukan oleh naik turunnya varian produk, strategi harga, jumlah saluran distribusi dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Hasil ini didukung dengan tingkat korelasi berganda (R) sebesar 0,995 atau 99,5 % yang berarti bahwa korelasi atau hubungan antara variabel marketing mix yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi secara bersama-sama terhadap variabel volume penjualan memiliki hubungan yang kuat. Hasil pengujian parsial dengan menggunakan uji t menunjukkan variable bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi masing- masing berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini diindikasikan dengan tingkat signifikansi uji t masing-masing variabel tersebut masih dibawah 5% (level of signifikan). Dari uji statistik yang dilakukan juga dapat disimpulkan bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan adalah variabel promosi. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi parsial ? ? 2r variabel promosi sebesar 91,39 % lebih besar dari koefisien determinasi variabel lainnya.
Kata Kunci ; Produk, Harga, Distribusi, Promosi, Volume Penjualan, Pengaruh Simultan, Pengaruh Parsial, Koefisien Determinasi.
1S122109 | M-12/109 Han p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain