Text
PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SWALAYAN INDOMART BANYU URIP DI SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi terhadap baik
secara simultan maupun partial terhadap keputusan pembelian konsumen pada
Swalayan Indomaret Banyu Urip di Surabaya.
Hipotesis penelitian ini variabel promosi yang terdiri dari iklan, sales
promotion dan public relation secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen pada Swalayan Indomaret Banyu Urip
di Surabaya. Variabel sales promotion mempunyai pengaruh dominan terhadap
keputusan pembelian konsumen pada Swalayan Indomaret Banyu Urip di
Surabaya.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian survey, metode
penelitian yang digunakan metode analisis deskriptif, metode regresi linear
berganda dengan menggunakan uji simultan, uji parsial, dan analisis koefisien
determinasi. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penulis
menggunakan 98 responden sebagai sampel.
Hasil penelitian yang telah dilakukan uji F didapat tingkat signifikan
0,000, hal ini menunjukkan bahwa secara simultan pengaruh variabel promosi
yang terdiri dari iklan, sales promotion serta public relation secara bersama-sama
terhadap variabel keputusan pembelian adalah signifikan. Ini berarti bahwa
hipotesis pertama diterima. Sedangkan tingkat adjusted R square (R
) yang berarti
bahwa sumbangan atau kontribusi dari variabel bebas yang terdiri atas iklan, sales
promotion serta public relation secara bersama-sama terhadap variabel keputusan
pembelian adalah cukup besar yaitu sebesar 0,616 atau 61,6 % sedangkan sisanya
(100 % - 61,6 % = 38,4 %) dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Sedangkan hasil uji t secara parsial menunjukkan tingkat signifikansi yang
diperoleh dari variabel yaitu untuk pengaruh iklan sebesar 0,002, sales promotion
sebesar 0,000, public relation sebesar 0,001. Hal ini menunjukkan secara parsial
dapat dilihat bahwa pengaruh variabel promosi yang terdiri dari iklan, sales
promotion serta public relation secara bersama-sama terhadap variabel keputusan
pembelian adalah signifikan.
Variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan adalah sales promotion
karena mempunyai koefisien determinasi parsialnya paling besar yaitu sebesar
24,11 %.
Kata Kunci: Promosi, Iklan, Sales Promotion, Public Relation, Pengaruh
Simultan, Pengaruh Parsial dan Koefisien Determinasi
1S122138 | M-12/138 Her p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain