Text
PENGARUH SERVICE ABILITY DAN SALES EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN TIKET PT. ABC VOCATION DI SURABAYA
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui variabel-variabel apa saja yang
mempengaruhi kepuasan konsumen dalam membeli tiket PT. ABC Vocation di
Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif dengan menitik beratkan pada pengujian hipotesis dalam
menghasilkan suatu kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
pelanggan PT. ABC VACATION yang berhak menjadi responden yang jumlahnya
tidak dapat diketahui dengan jelas. Adapaun populasi ditentukan berdasarkan kriteria
sebagai berikut:
a. Merupakan pelanggan PT. ABCVACATION dan berdomisili di Surabaya.
b. Telah dewasa (> 17 tahun), sehingga dapat memberikan jawaban pada kuesioner
secara obyektif dan rasional
c. Dengan jumlah responden sebanyak 100 orang.
Dari analisa uji F yang telah dilakukan diketahui bahwa variabel serviceability
yang terdiri dari kecepatan layanan (X
1
), Kenyamanan (X
), Penanganan Keluhan
(X
3
), dan Sales Experience (X
4
2
) secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan
pembelian tiket pada PT. ABC Vocation, dengan hasil output didapat F
sebesar
22,193 jauh diatas F
(df = 5,94) sebesar 2,32 pada tingkat signifikan 0,000 dengan
tingkat signifikasi a = 5 %. Dan dari uji t diketahui bahwa variabel kecepatan layanan
(X
1
) dengan t
hitung
tabel
sebesar 2,385 dengan signifikansi 0,035, Kenyamanan (X
) dengan
t
hitung
sebesar 3,139 dengan signifikansi 0,002, Penanganan Keluhan (X
), dan Sales
Experience (X
4
) dengan t
sebesar 4,643 dengan signifikansi 0,000 sehingga
secara parsial berpengaruh kepuasan pembelian tiket pada PT. ABC Vocation,
dengan nilai signifikansi < a = 0,050.
hitung
Variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan
pembelian tiket pada PT. ABC Vocation adalah variabel Sales Experience (X
). Hal
tersebut dibuktikan dari nilai r
2
yang besar dari pada nilai r
2
variabel lain yaitu
sebesar 0,1849 atau 18,49% yang menunjukkan besarnya kontribusi sales experience
(X
4
) terhadap kepuasan pembelian tiket pada PT. ABC Vocation di Surabaya.
Kata Kunci : Serviceability (Kecepatan Layanan (X
1
), Kenyamanan (X
), Penanganan Keluhan
(X
3
), dan Sales Experience (X
4
2
)), Kepuasan Konsumen /Pembelian (Y)
1S122304 | M-12/304 Sar p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain