Text
PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM MEREK AQUA DI KECAMATAN GENTENG SURABAYA
INTISARI
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena berbagai
merek baru khususnya pada produk air kemasan. Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari ekuitas
merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas
dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian serta untuk mengetahui
diantara ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek,
persepsi kualitas dan loyalitas merek manakah yang mempunyai pengaruh
dominan terhadap keputusan pembelian produk air minum merek Aqua di
Kecamatan Genteng Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat di
Surabaya terutama di kecamatan Genteng yang melakukan pembelian air
minum merek aqua jumlah sampel yang ditentukan 100 responden dengan
menggunakan metode accidental sampling
Hasil penelitian ini adalah pengujian hipotesis menggunakan uji F
diketahui bahwa tingkat signifikan F
sebesar 0,000 lebih kecil dari a =
0,05 sehingga secara simultan kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi
kualitas dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan
konsumen. Pengujian dengan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel
tersebut mempunyai nilai sig lebih kecil dari a = 0,05 sehingga keempat
variabel bebas tersebut signifikan mempengaruhi variabel keputusan
pembelian, sedang pengujian dengan koefisien determinasi parsial (r) dapat
diketahui bahwa r
2
hitung
untuk asosiasi merek lebih besar daripada nilai r
untuk
variabel lain maka asosiasi merk mempunyai pengaruh yang paling dominan.
Simpulan dari penelitian ini adalah baik secara simultan dan parsial
ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi
kualitas dan loyalitas merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
keputusan pembelian sedangkan asosiasi merek mempunyai pengaruh yang
paling dominan.
Kata Kunci : Keputusan Pembelian, kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi
kualitas dan loyalitas merek
1S122223 | M-12/223 Zul p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain