Text
ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BLACKBERRY DI STIESIA SURABAYA
INTISARI
Tujuan dari penelitian adalah untuk menguji signifikansi
pengaruh variabel ekuistas merek yang terdiri dari kesadaran merek,
asosiasi merek, kualitas merek, dan loyalitas merek baik ssecara
bersama-sama maupun individual terhadap keputusan pembelian
handphone BlackBerry Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
Surabaya.
Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda
yang tujuannya untuk menduga besarnya koefisien regresi yang nantinya
akan menunjukkan besarnya pengaruh variabel bebas yang terdiri dari
variabel ekuistas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi
merek, kualitas merek, dan loyalitas merek baik ssecara bersama-sama
maupun individual terhadap keputusan pembelian handphone
BlackBerry Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya..
Hasil pengujian secara simultan menunjukkan pengaruh variabel
kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas maupun loyalitas
merek secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian Handphone
Blackberry adalah signifikan. Kondisi ini mengindikasikan bahwa naik
turunnya terhadap keputusan pembelian Handphone Blackberry
ditentukan oleh seberapa besar kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi
kualitas maupun loyalitas merek yang dimiliki oleh konsumen atau calon
konsumen. Hasil ini didukung dengan perolehan koefisien determinasi
simultan R square sebesr 67,8% yang menunjukkan kontribusi dari
variabel tersebut secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian
Handphone Blackberry adalah cukup besar
Sedangkan hasil uji secara partial menunjukkan semua variabel
bebas yang kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas maupun
loyalitas merek berpengaruh signifikan masing-masing menunjukkan
pengaruh yagn signifikan terhadap keputusan pembelian Handphone
Blackberry. Hasil ini diindikasikan dengan perolehan tingkat signifikansi
masing-masing variabel tersebut masih dibawah a = 5%.
Variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan loyalitas
merek karena mempunyai koefisien determinasi partialnya sebesar 33,60
% lebih besar dari koefisien determinasi parsial yang dimiliki oleh
variabel asosiasi merek, serta persepsi kualitas.
Kata Kunci Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian, Uji Simultan, Uji Parsial,
Koefisien Determinasi.
1S122254 | M-12/254 Wul a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain