Text
PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENGEMBANGKAN KEBIJAKAN PERUSAHAAN UNTUK MEMENUHI HARAPAN PELANGGAN PADA UNIT POLIKLINIK UMUM DAN BEDAH RUMAH SAKIT PHC SURABAYA
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kebijakan Rumah Sakit PHC Surabaya didalam memenuhi harapan pelanggan dengan menggunakan penerapan Total Quality Management yang mencakup sumber daya manusia, kualitas pelayanan, dan peralatan medis yang lengkap. Penggunaan penerapan Total Quality Management ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang di Rumah Sakit PHC Surabaya bagian Instalasi Rawat Jalan dan Klinik Satelit. Hal ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa peningkatan kesadaran masyarakat akan kesehatan menuntut atas pelayanan yang optimal dari pihak rumah sakit dalam memenuhi harapan pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan Desember 2010 – Desember 2011, dengan obyek penelitian yaitu Instalasi Rawat Jalan dan Klinik Satelit Rumah Sakit PHC Surabaya yang berlokasi di Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan jenis data primer yang diperoleh dari kuesioner kepuasan pelanggan, hasil wawancara langsung dengan pihak internal dan eksternal di rumah sakit. Selain data primer, juga menggunakan data sekunder yang diperoleh dari data internal rumah sakit bagian Instalasi Rawat Jalan dan Klinik Satelit. Penerapan Total Quality Management dengan menekankan pada penggunaan data non keuangan yang meliputi sumber daya manusia, kualitas pelayanan, dan peralatan medis yang lengkap yang berdasarkan hasil penelitian yang dijabarkan pada bab empat menunjukkan bahwa kinerja Rumah Sakit PHC Surabaya prestasinya dapat dikatakan memuaskan. Dengan mengutamakan kepuasan pasien atau pelanggannya, Rumah Sakit PHC Surabaya dapat memenuhi harapan pelanggan dalam menyediakan dan melayani jasa pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi yang didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai serta kemampuan sumber daya manusia yang berintegrasi. Kata kunci : Total Quality Management
1S122029 | A-12/029 Too p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain