Text
ANALISIS PEMBERIAN KREDIT KEPADA CALON NASABAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), TBK KANTOR CABANG X DI SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dalam kebijakan pemberian kredit pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang X di Surabaya telah menerapkan prinsip 5C dan prinsip kehati-hatian, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peranan analisis keuangan dan non keuangan pada pemberian kredit. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. yang merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali dalam bentuk kredit. Dalam pelaksanaan pemberian kredit, risiko kemacetan kredit merupakan masalah yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan bank, untuk menghindari hal tersebut maka diperlukan manajemen kredit yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemberian kredit pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang X di Surabaya melalui beberapa tahapan yaitu tahap permohonan, tahap pemeriksaan atau analisis kredit, pemberian putusan, dan tahap pencairan kredit. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa kedua calon debitur yang menjadi contoh kasus dalam penelitian ini memiliki character, capacity, condition, capital dan collateral yang baik sehingga dinyatakan layak untuk menerima kredit dengan besaran kredit yang telah ditentukan oleh PT Bank BRI (Persero) Tbk. Dari hasil penelitian dan analisis diperoleh kesimpulan bahwa manajemen kredit yang diterapkan PT Bank Rakyat Indonesia (persero), Tbk. Kantor Cabang X di Surabaya adalah baik dan sesuai dengan teori-teori yang ada karena telah menerapkan prinsip 5 C dan prinsip kehati-hatian dalam pemberian kredit. Selain itu juga dapat disimpulkan, bahwa pelaksanaan analisis non keuangan dan analisis keuangan dalam pemberian kredit pada PT Bank Rakyat Indonesia (persero), Tbk. Kantor Cabang X di Surabaya memegang peranan yang sama penting. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Untuk itu disarankan bagi perusahaan hendaknya dapat mempertahankan pelaksanaan kebijakan pemberian kredit yang saat ini sudah efektif, sehingga tingkat non performing loan tetap berada pada persentase yang sesuai dengan ketetapan Bank Indonesia.
Kata kunci: kredit, analisis 5C, analisis non keuangan dan analisis keuangan.
1S122220 | A-12/220 Tri a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain