Text
PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PELAPORAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme
Good Corporate
Governance
(GCG) dan pelapo
ran
Corporate Social Responsibility
(CSR) dalam
perusahaan yang dapat mempengaruhi Nilai Perusahaan. Mekanisme
Good
Corporate Governance
(GCG) yang digunakan antara lain dewan komisaris,
kepemilikan manajerial, dan kepemilikan publik.
Populasi dari penelit
ian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia (BEI). Total sampel penelitian adalah 90 perusahaan yang
ditentukan melalui
Purposive Sampling.
Alat analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi linier ber
ganda. Teknik analisis yang
digunakan berupa uji statistik F yang menunjukkan apakah semua variabel
independen yang dimasukkan dalam model mempunyai pengaruh secara bersama
-
sama terhadap variabel dependen dan uji statistik t yang menunjukkan seberapa
jauh
pengaruh satu variabel independen secara individual dalam menerangkan
variasi variabel dependen dengan tingkat signifikan sebesar 5%.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
dewan komisaris berpengaruh
positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kepemi
likan manajemen
berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kepemilikan publik
berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, CSR berpengaruh
positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan,
Dari hasil analisis dapat ditar
ik
simpulan bahwa dewan komisaris, kepemilikan manajerial, kepemilikan publik,
dan Pengungkapan CSR secara bersama
–
sama berpengaruh terhadap nilai
perusahaan. Artinya bahwa pelaksanaan pelaporan
Corporate Social
Responsibility
perusahaan (CSR) merupakan ko
nsekuensi logis dari implementasi
praktik
Good Corporate Governance
(GCG), yang pada prinsipnya menyatakan
akan perlunya perusahaan memperhatikan kepentingan
stakeholder
sesuai dengan
peraturan yang ada dan menjalin kerjasama yang aktif dengan
stakeholder
demi
kelangsungan hidup jangka panjang perusahaan dan menciptakan nilai
perusahaan.
Kata Kunci: Nilai perusahaan, kepemilikan manajemen, kepemilikan publik,
dewan komisaris, dan
corporate social responsibility
1S122069 | A-12/069 Agu p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain