Text
EVALUASI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA PUSKESMAS (STUDI KASUS DI PUSKESMAS PACIRAN DAN PUSKESMAS BRONDONG)
Penelitian ini dilakukan di
Puskesmas Paciran di jalan Raya Paciran No. 78
dan Puskesmas Brondong di jalan Raya Pambon no. 18
. Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Pedoman Umum Indeks Kepuasan
Masyarakat Unit Pelayanan Pemerint
ah sebagai tolak ukur untuk menilai kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan tingkat kinerja unit pelayanan secara
berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan
kualitas pelayanan publik selanjutnya. Sedangkan pelaksan
aan penelitian dimulai
pada tanggal
4 Mei
201
2
sampai dengan
18
Mei
201
2
.
Hasil evaluasi yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan
di
Puskesmas Paciran dan Puskesmas Brondong
tentang tingkat kepuasan pelanggan,
dengan menggunakkan Pedoman Umum P
enyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat
Unit Pelayanan Instansi Pemerintah, yang bedasarkan Keputusan Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor Kep/25/M.PAN/2/2004 diperoleh hasil,
pada Puskesmas Paciran
nilai indeks 2.4
8
dan nilai IKM setelah dikonversi ad
alah
61.
95
yang termasuk dalam kategori mutu pelayanan C dan kinerja unit pelayanan
Kurang
Baik.
Sedangkan pada Puskesmasa Brondong nilai indeks 2.45
dan nilai IKM
setelah dikonversi adalah 61.25
yang termasuk dalam kategori mutu pelayanan C dan
kinerja un
it pelayanan
Kurang
Baik.
Sehingga hasil evaluasi yang diperoleh dari
penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja
Puskesmas Paciran maupun Puskesmas
Brondong
dapat dikategorikan
Kurang
Baik.
Olehkarena itu perlu
adanya perbaikan
strategi secara terus menerus
dan pengembangan ke arah yang positif supaya sebagai
penyedia layanan kesehatan, baik Puskesmas Paciran dan Puskesmas Brondong
dapat
menunjukkan kemampuan dan kinerja yang baik serta memuaskan.
Dari pembahasan diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa pe
rlunya
Pedoman Umum Penyusunan IKM Unit Pelayanan Instansi Pemerintah sebagai alat
untuk mengukur kinerja pelayanan khususnya organisasi sektor publik. Dengan
pengukuran kinerja tersebut dapat diketahui kelemahan dan kelebihan yang dimiliki
sehingga dapat
dijadikan sebagai bahan untuk pengambilan kebijakan. Dengan kata
lain
organisasi tersebut
dapat menghadapi tuntutan terciptanya organisasi sektor
publik yang baik dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna jasanya.
Y
aitu
dengan adanya fasilitas yang s
emakin mudah dan cepat dengan menjadikan
pelanggan semakin puas terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh perusahaan.
Kata kunci: Organisasi Sektor Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat, Evaluasi
Kinerja
1S122263 | A-12/263 Fir e c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain