Text
PENGARUH BANK RELATIONSHIP TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Bank Relationship, SALES, DEBT, dan AGE terhadap profitabilitas (ROA). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang mempunyai hubungan hutang jangka panjang maupun jangka pendek dengan bank yang listing di BEI pada tahun 2006-2010 dengan teknik sampling yang menggunakan metode purposive sampling yaitu penentuan sampel berdasarkan ciri yang dimiliki oleh sampel dari populasi. Sehingga didapat 13 perusahaan sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F- statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ada 3 variabel yaitu Bank Relationship yang dihitung menggunakan Dummy, SALES, dan AGE memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA, sedangkan variabel DEBT tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA. Pada penelitian secara simultan keempat variabel tersebut berpengaruh signifikan.
Kata kunci : Bank Relationship, Penjualan perusahaan, Hutang, Umur perusahaan dan profitabilitas
1S122187 | A-12/187 Gun p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain