Text
PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA MEDICAL CHECK UP PADA LABORATORIUM TRANS INDO MEDICAL NGANJUK
INTISARI
Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh faktor psikologis yang terdiri
dari motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap, terhadap keputusan
konsumen menggunakan jasa medical check up pada Laboratorium Trans Indo
Medical di Nganjuk. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang
menggunakan jasa medical check up dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling sehingga jumlah sampel yang diperoleh
sebanyak 100 orang, instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner.
Sedangkan Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda.
Hasil pengujian menunjukkan pengaruh motivasi, persepsi, pembelajaran,
keyakinan dan sikap secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen
menggunakan jasa medical check up adalah signifikan. Kondisi ini juga didukung
dengan perolehan koefisien regresi berganda yang menunjukkan hubungan yang
erat. Hasil pengujian secara parsial pada tingkat nyata 5% menunjukkan bahwa
variabel yang digunakan dalam model penelitian tersebut masing-masing
mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan konsumen. Variabel
Pembelajaran merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap
keputusan konsumen menggunakan jasa medical check up pada Laboratorium
Trans Indo Medical Nganjuk.
Kata Kunci: Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, keyakinan dan Sikap, Keputusan
konsumen.
ABSTRACT
The purpose of this research is to find out some psychological factors
which consist of motivation, perception, learning, trust and attitude to the
customer decision in using the medical check-up service at Laboratorium Trans
Indo Medical Nganjuk. The population is all customers who have ever used the
medical check-up service and the sample collection technique has been carried out
by using purposive sampling and 100 people have been selected as samples, the
data collection instrument has been carried out by issuing questionnaires.
Meanwhile, the multiple regressions analysis is applied as the analysis technique.
The result of the test describes that simultaneously the influence of
motivation, perception, learning, trust and attitude to the customer decision in
using medical check-up service has significant influence. This condition is
supported by the acquisition of multiple regressions coefficient which describes
firm correlation. The result of partial test shows that in the real rate is 5%. It
shows that the variables which have been used in the research model each of them
have real influence to the customer decision. The learning variable is the variable
which has real dominant influence to the customer decision in using the medical
check-up service at Laboratorium Trans Indo Medical Nganjuk.
Keywords: Motivation, Perception, Learning, Trust, and Attitude, and Customer
Decision.
1S150081 | M15/081 Ham p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain