Text
PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA MEDICAL CHECK UP PADA LABORATORIUM TRANS INDO MEDICAL NGANJUK
ABSTRACT
The purpose of this research is to find out some psychological factors which consist of motivation, perception,
learning, trust and attitude to the customer decision in using the medical check-up service at Laboratorium
Trans Indo Medical Nganjuk. The population is all customers who have ever used the medical check-up service
and the sample collection technique has been carried out by using purposive sampling and 100 people have been
selected as samples, the data collection instrument has been carried out by issuing questionnaires. Meanwhil e,
the multiple regressions analysis is applied as the analysis technique. The result of the test describes that
simultaneously the influence of motivation, perception, learning, trust and attitude to the customer decision in
using medical check-up service has significant influence. This condition is supported by the acquisition of
multiple regressions coefficient which describes firm correlation. The result of partial test shows that in the real
rate is 5%. It shows that the variables which have been used in the research model each of them have real
influence to the customer decision. The learning variable is the variable which has real dominant influence to the
customer decision in using the medical check-up service at Laboratorium Trans Indo Medical Nganjuk.
Keywords: Motivation, Perception, Learning, Trust and Attitude,Customer Decision.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi,
pembelajaran, keyakinan dan sikap, terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa medical check
up pada Laboratorium Trans Indo Medical di Nganjuk. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
konsumen yang menggunakan jasa medical check up dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling sehingga jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100 orang,
instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner. Sedangkan Teknik analisa yang digunakan
adalah analisa regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan pengaruh motivasi, persepsi,
pembelajaran, keyakinan dan sikap secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen
menggunakan jasa medical check up adalah signifikan. Kondisi ini juga didukung dengan perolehan
koefisien regresi berganda yang menunjukkan hubungan yang erat. Hasil pengujian secara parsial
pada tingkat nyata 5% menunjukkan bahwa variabel yang digunakan dalam model penelitian
tersebut masing-masing mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan konsumen. Variabel
Pembelajaran merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan
konsumen menggunakan jasa medical check up pada Laboratorium Trans Indo Medical Nganjuk.
Kata Kunci: Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, keyakinan dan Sikap, Keputusan konsumen.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain