Text
PENGARUH HARGA DAN PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK TOP COFFEE
INTISARI
Usaha untuk membujuk dan mempengaruhi konsumen dapat dilakukan
dengan berbagai cara, di antaranya dengan menjalin komunikasi dengan pasar
melalui periklanan dan penetapan harga yang sesuai. Bentuk komunikasi yang
lazim digunakan oleh perusahaan untuk menjalin komunikasi dengan
konsumennya adalah melalui periklanan (advertising) sebagai salah satu unsur
dari promosi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel
harga, dan celebrity endorser terhadap proses keputusan pembelian. Populasi yang
digunakan dalam penelitian adalah mahasiswa STIESIA Surabaya yang pernah
melihat iklan TOP Coffee versi Iwan Fals, dengan sampel yang digunakan
sebanyak 44 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan
purposive sampling. Adapun Teknik analisa yang digunakan adalah analisa
regresi berganda.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa harga, dan celebrity endorser
berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian. Kondisi ini menunjukkan
variabel layak digunakan sebagai model penelitian. Hasil ini juga mencerminkan
bahwa kedua model tersebut mempunyai pengaruh signifikan terhadap proses
keputusan pembelian produk Top Coffee. Hasil ini didukung dengan perolehan
koefisien korelasi sebesar 81,3% menunjukkan korelasi atau hubungan antara
variabel harga, dan celebrity endorser terhadap proses keputusan pembelian
produk Top Coffee memiliki hubungan yang erat. Hasil pengujian secara parsial
menunjukkan variabel yang digunakan dalam model penelitian tersebut masingmasing
mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap proses keputusan
pembelian konsumen.
Kata-kata Kunci: Harga, Celebrity Endorser Dan Proses Keputusan
Pembelian
ABSTRACT
Efforts in order to influence and to persuade the customer can be carried out
in various ways e.g. by initiating a communication with the market through the
advertisement and the determination of appropriate price. The form of
communication which is normally used by companies to initiate communication
with their customers is advertising as one of the elements of promotion.
The purpose of this research is to find out the influence of price variable and
celebrity endorser to the process of purchasing decision. The population is the
students of STIESIA Surabaya who have ever watched the commercial of TOP
Coffee Iwan Fals version, the sample collection technique has been carried out by
using the purposive sampling method and 44 respondents have been selected as
samples. The multiple regressions analysis is used as the analysis technique.
The result of the test describes that price and celebrity endorser has
influence to the process of purchasing decision. This condition describes that
these variables are feasible to be used as the research model. This result also
reflects that these two models have significant influence to the process of
purchasing decision of the Top Coffee product. The result is supported by the
acquisition of correlation coefficient is 81.3% which describes that the correlation
between price variables and celebrity endorser to the process of purchasing
decision of Top Coffee product is firm. The result of partial test describes that
partially the variables which are used in this research model each them has
positive and significant influence to the process of customer purchasing decision.
Keywords: Price, Celebrity Endorser, and the Process of Purchasing Decision.
1S150074 | M15/074 Red p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain