Text
PENGARUH HARGA DAN PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK TOP COFFEE
ABSTRACT
Efforts in order to influence and to persuade the customer can be carried out in various ways e.g. by
initiating a communication with the market through the advertisement and the determination of
appropriate price. The form of communication which is normally used by companies to initiate
communication with their customers is advertising as one of the elements of promotion. The purpose of
this research is to find out the influence of price variable and Celebrity Endorser to the process of
purchasing decision. The population is the students of STIESIA Surabaya who have ever watched the
commercial of TOP Coffee Iwan Fals version, the sample collection technique has been carried out by
using the purposive sampling method and 44 respondents have been selected as samples. The multiple
regressions analysis is used as the analysis technique. The result of the test describes that price and
Celebrity Endorser has influence to the process of purchasing decision. This condition describes that
these variables are feasible to be used as the research model. This result also reflects that these two
models have significant influence to the process of purchasing decision of the Top Coffee product. The
result is supported by the acquisition of correlation coefficient is 81.3% which describes that the
correlation between price variables and Celebrity Endorser to the process of purchasing decision of Top
Coffee product is firm. The result of partial test describes that partially the variables which are used in
this research model each them has positive and significant influence to the process of customer
purchasing decision.
Keywords: Price, Celebrity Endorser, and the Process of Purchasing Decision.
ABSTRAK
Usaha untuk membujuk dan mempengaruhi konsumen dapat dilakukan dengan berbagai
cara, di antaranya dengan menjalin komunikasi dengan pasar melalui periklanan dan
penetapan harga yang sesuai. Bentuk komunikasi yang lazim digunakan oleh perusahaan
untuk menjalin komunikasi dengan konsumennya adalah melalui periklanan (advertising)
sebagai salah satu unsur dari promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh variabel harga, dan Celebrity Endorser terhadap proses keputusan pembelian.
Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah mahasiswa STIESIA Surabaya yang
pernah melihat iklan TOP Coffee versi Iwan Fals, dengan sampel yang digunakan sebanyak
44 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling.
Adapun Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda. Hasil pengujian
menunjukkan bahwa harga, dan Celebrity Endorser berpengaruh terhadap proses keputusan
pembelian. Kondisi ini menunjukkan variabel layak digunakan sebagai model penelitian.
Hasil ini juga mencerminkan bahwa kedua model tersebut mempunyai pengaruh signifikan
terhadap proses keputusan pembelian produk Top Coffee. Hasil ini didukung dengan
perolehan koefisien korelasi sebesar 81,3% menunjukkan korelasi atau hubungan antara
variabel harga, dan Celebrity Endorser terhadap proses keputusan pembelian produk Top
Coffee memiliki hubungan yang erat. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel yang digunakan dalam model penelitian tersebut masing-masing mempunyai pengaruh
signifikan dan positif terhadap proses keputusan pembelian konsumen.
Kata-kata Kunci: Harga, Celebrity Endorser Dan Proses Keputusan Pembelian
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain