Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH ROLAS PADA PT. ROLAS NUSANTARA MANDIRI DI SURABAYA
INTISARI
Telah banyak beredar dipasaran beraneka jenis minuman dengan bahan
utama teh, dari yang berbentuk teh serbuk, teh celup ataupun teh wuwur hingga
minuman berbahan utama teh yang telah siap saji. PT. Rolas Nusantara Mandiri
merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi teh celup dengan merk teh
rolas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh bauran
pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan lokasi memiliki pengaruh
secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian teh rolas. Adapun
teknik analisa yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan responden
sebanyak 72 orang.
Dari pengujian hipotesis secara simultan dan parsial diketahui bahwa
variabel bebas memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal
tersebut berdasarkan hasil uji kelayakan model memiliki nilai F
sebesar
26,398 dan nilai signifikan F dibawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Sedangkandari
hasil uji t variabel produk, harga, promosi, dan lokasi seluruhnyamemiliki nilai
masing-masing dibawah 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Adapun
variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah
variabel produk karena memiliki nilai r
2
paling besar yaitu sebesar 0,1552.
Dari seluruh perhitungan yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan
bahwa perumusan hipotesis terbukti berpengaruh signifikan.
Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Lokasi, dan Keputusan Pembelian.
hitung
ABSTRACT
Various types of beverages have been widely circulated in the market with
tea as its main ingredients, for example tea powder, tea bags or tea wuwur up to
beverages which its main ingredient is instant tea. PT. Rolas Nusantara Mandiri is
one of the companies which produce tea bags with teh rolas brand. The purpose of
this research is to find out whether the influence of mix market which consists of
product, price, promotion and location has influence either simultaneous or partial
to the purchasing decision of teh rolas. The multiple linear regressions are used as
the analysis technique and the respondents are 72 people.
It has been found from the hypothesis test that independent variable has
significant influence to the purchasing decision. This finding is based on the result
of feasibility model test which has F
value is 26.398 and the significance F
value is under 0.05 which is 0.000. Meanwhile, the result of t-test i.e.: product,
price, promotion, and location variables, the partial value of each of this variable
is under 0.05 so the H0 is denied and the H1 is accepted. The variable which has
dominant influence to the purchasing decision is product variable since its r
count
value
is 0.1552 which is the biggest among variables.
It can be concluded from all calculations that have been done that the
formulation of the hypothesis is proven to have significant influence.
Keywords: Product, Price, Promotion, Location, and Customers’ Decision.
2
1S150075 | M15/075 Yog p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain