Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KOMUNIKASI WORD OF MOUTH PADA KONSUMEN RESTORAN KOBER MIE SETAN SURABAYA
INTISARI
Penggunaan bauran pemasaran dalam kegiatan pemasaran perusahaan
diharapkan akan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga
konsumen akan merasa puas. Konsumen yang merasa puas cenderung akan
memberikan tanggapan yang positif bagi perusahaan, salah satunya dengan
melakukan komunikasi word of mouth kepada orang-orang di
sekitarnya.Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bauran pemasaran yang
terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, orang, bukti fisik dan proses terhadap
komunikasi word of mouth pada konsumen Restoran Kober Mie Setan Surabaya.
Sesuai dengan karakteristik populasinya, maka dalam penelitian ini
ditentukan jumlah sampel sebesar 90 orang.Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode survei, yaitu dengan menyebarkan
kuesioner kepada konsumen Restoran Kober Mie Setan Surabaya.Analisis
dilakukan dengan analisis regresi linier berganda.
Dari hasil analisis penelitian diketahui bahwa dari ketujuh bauran
pemasaran yang diteliti, enam diantaranya yaitu produk, lokasi, promosi, orang,
bukti fisik dan proses berpengaruh signifikan terhadap komunikasi word of mouth.
Harga merupakan satu-satunya variabel bauran pemasaran yang dalam penelitian
ini tidak berpengaruh signifikan terhadap komunikasi word of mouth. Sedangkan
produk merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap komunikasi
word of mouth. Berdasarkan hasil tersebut, maka disarankan kepada Restoran
Kober Mie Setan Surabaya untuk terus melakukan berbagai upaya untuk terus
meningkatkan kualitas bauran pemasarannya, khususnya dari segi perbaikan
produk agar lebih inovatif untuk dapat terus meningkatkan jumlah pelanggannya.
Kata kunci: Bauran Pemasaran, Komunikasi Word Of Mouth.
ABSTRACT
The use of marketing mix in the company marketing activity will fulfill the
needs and desires of the customer, so the customers will feel satisfy. The
customers who feel satisfy tend to give a positive response to the company. One
of the ways is by giving worth of mouth communication to the people around
them. The purpose of this research is to find out the marketing mix which consists
of product, price, place, promotion, people, physical evidence and process to the
worth of mouth communication on the customers of Restoran Kober Mie Setan
Surabaya.
In accordance with the characteristic of the population, 90 people have
been determined as samples. This research has been carried out by using
quantitative approach with survey method in which the research is conducted by
issuing questionnaires to the customers of Restoran Kober Mie Setan Surabaya.
The multiple linear regressions are used as the research analysis.
The result of the research describes that from the 6 of 7 of marketing mix
which have been observed i.e.: product, place, promotion, people, physical
evidence and process have significant influence to the word of mouth
communication. The price variable is the only variable in the marketing mix
which does not have any significant influence to the word of mouth
communication. Meanwhile, the product variable is the variable which has
dominant influence to the word of mouth communication. Based on the result, it is
recommended to the Restoran Kober Mie Setan Surabaya to keep on continuing
all efforts to increase its marketing mix quality, particularlyfrom the aspect of
product improvement which is required to be more innovative in order to increase
the number of its customers.
Keywords: Marketing Mix, Word of Mouth Communication.
1S150044 | M15/044 Abr p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain