Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KOMUNIKASI WORD OF MOUTH PADA KONSUMEN RESTORAN KOBER MIE SETAN SURABAYA
ABSTRACT
The purpose of this research is to find out the marketing mix which consists of product, price, place, promotion,
people, physical evidence and process to the worth of mouth communication on the customers of Restoran Kober
Mie Setan Surabaya. In accordance with the characteristic of the population, 90 people have been determined as
samples. This research has been carried out by using quantitative approach with survey method in which the
research is conducted by issuing questionnaires. The multiple linear regressions are used as the research
analysis. The result of the research describes that from the 6 of 7 of marketing mix which have been observed
i.e.: product, place, promotion, people, physical evidence and process have significant influence to the word of
mouth communication. The price variable is the only variable in the marketing mix which does not have any
significant influence to the word of mouth communication. Meanwhile, the product variable is the variable which
has dominant influence to the word of mouth communication.
Keywords: Service Marketing Mix, Word of Mouth Communication, Restoran Kober Mie Setan Surabaya
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi,
promosi, orang, bukti fisik dan proses terhadap komunikasi word of mouth pada konsumen Restoran
Kober Mie Setan Surabaya. Sesuai dengan karakteristik populasinya, maka dalam penelitian ini
ditentukan jumlah sampel sebesar 90 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode survei, yaitu dengan menyebarkan kuesioner. Analisis dilakukan dengan analisis
regresi linier berganda. Dari hasil analisis penelitian diketahui bahwa dari ketujuh bauran pemasaran
yang diteliti, enam diantaranya yaitu produk, lokasi, promosi, orang, bukti fisik dan proses
berpengaruh signifikan terhadap komunikasi word of mouth. Harga merupakan satu-satunya variabel
bauran pemasaran yang dalam penelitian ini tidak berpengaruh signifikan terhadap komunikasi word
of mouth. Sedangkan produk merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap komunikasi
word of mouth.
Kata kunci: Bauran Pemasaran Jasa, Komunikasi Word of Mouth, Restoran Kober Mie Setan Surabaya
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain