Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH RUMAH MAKAN RAWON NGULING DI SURABAYA
ABSTRACT
The purpose of this research is to find out and to analyze the influence of marketing mix variable which consist of
product, price, physical evidence, and people to the decision to choose Rawon Nguling restaurant Surabaya. All
customers who have ever visited and purchased twice and at least 17
years old have been selected as the research
sample. Meanwhile, the multiple linear regressions are used as the analysis technique. The sample collection
technique has been carried out by using purposive sampling method in which the determination of sample is
carried out by using specific consideration. The data has been obtained by issuing questionnaires to 100
respondents. The multiple linear regressions and hypothesis test which is carried out by using t-statistic to test
the partial regressions coefficient and the hypothesis test which is conducted by using f-statistic to test the
significance of the influence simultaneously with the 5% level of significance. The result of partial test has 5%
real rates, it describes that the variables which are used in this research each of them has real influence to the
th
decision to choose Rawon Nguling restaurant Surabaya. The price variable is the variable which has dominant
influence to the decision to choose Rawon Nguling Surabaya.
Keywords: Product, Price, Physical Evidence, People, Decision to Choose.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh variable bauran pemasaran
yang terdiri dari product, price, physical evidence, dan people.Terhadap keputusan memilih pada Rumah
Makan Rawon Nguling di Surabaya yang pernah mengunjungi dan melakukan pembelian minimal 2
kali dan minimal berusia 17 tahun. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi linier berganda.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan
pertimbangan tertentu. Data diperoleh dari penyebaran kuisoner dengan jumlah sampel sebanyak
100responden.Teknik analisis yang dugunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji
hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta uji hipotesis
menggunakan f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of
significance 5%.Hasil pengujian secara parsial pada tingkat nyata 5% menunjukkan bahwa variabel
yang digunakan dalam model penelitian tersebut masing-masing mempunyai pengaruh yang nyata
terhadap Terhadap keputusan memilih pada Rumah Makan Rawon Nguling di Surabaya. Variabel
Price merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan memilih pada
Rumah Makan Rawon Nguling di Surabaya.
Kata Kunci: Product, Price, Physical Evidence, People, Keputusan Memilih
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain