Text
PENGARUH ATOSFER GERAI DAN PROMOSI TERHADAP PEMBELIAN IMPLUSIF YANG DIMEDIASI EMOSI POSITIF PADA KONSUMEN HYPERMART ROYAL PLAZA SURABAYA
ABSTRACT
The purpose of this research is to find out the influence of store atmosphere and promotion to the
impulse buying which is mediated by positive emotion. The path analysis is used as the analysis
technique. The sample collection technique has been carried out by using accidental sampling and 100
respondents have been selected as samples. The population is the customer who conducts shopping at
Hypermart Royal Plaza Surabaya. The result of the test describes that the store atmosphere has
positive and significant influence to the positive emotion, promotion has positive and significant
influence to the positive emotion. The store atmosphere has positive and significant influence to the
impulse buying, promotion has positive and significant influence to the impulse buying. This result
describes that positive emotion mediates the store atmosphere and promotion to the impulse buying.
The result of the test describes that the magnitude of indirect influence of store atmosphere and
promotion to the impulse buying through positive emotion is larger than the direct influence of store
atmosphere and promotion to the impulse buying.
Keywords: Store Atmosphere, Promotion, Positive Emotion, and Impulse Buying
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atmosfer gerai dan promosi terhadap
pembelian impulsif yang dimediasi oleh emosi positif. Teknik analisis yang di gunakan
adalah analisis jalur (path analysis). Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental
sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Populasi yang
digunakan pada penelitian ini yaitu konsumen yang berbelanja di Hypermart Royal Plaza
Surabaya. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa atmosfer gerai berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap emosi positif, promosi berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap emosi positif. Atmosfer gerai berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap pembelian impulsif, promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
pembelian impulsif. Hasil ini menujukkan bahwa emosi positif memediasi pengaruh
atmosfer gerai dan promosi terhadap pembelian impulsif. Hasil pengujian menunjukkan
besaran pengaruh tidak langsung atmosfer gerai dan promosi terhadap pembelian impulsif
melalui emosi positif lebih besar dibandingkan dengan pengaruh langsung atmosfer gerai
dan promosi terhadap pembelian impulsif.
Kata Kunci : Atmosfer gerai, Promosi, Emosi positif, dan Pembelian impulsif
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain