Text
PENERAPAN PENGUKURAN KINERJA BALANCE SCORECARD PADA PT. PELNI (PERSERO) CABANG SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan
pengukuran kinerja balance scorecard pada PT. PELNI (Persero) cabang Surabaya,
yang bertujuan untuk membantu manajemen perusahaan dalam mencapai visi dan
misi perusahaan. Berdasarkan keempat perspektif yaitu perspektif keuangan,
perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pada perspektif keuangan
dengan menggunakan indikator Net Profit Margin, Return On Assets, Current Ratio,
dan Revenue Growht Rate cukup baik meskipun terjadi penurunan. Hasil perspektif
pelanggan dengan menggunakan indikator customer retention dan customer
acquisition cukup baik, karena dalam menarik pelanggan baru pada tahun 2011
mengalami peningkatan, meskipun terjadi penurunan di tahun berikutnya, dikarenakan
adanya permasalahan armada (kapal) yang banyak mengalami perbaikan (dock) dan
porstay. Hasil perspektif proses bisnis internal, menggunakan indikator proses inovasi
dan proses pelayanan sangat baik dikarenakan PT. PELNI mampu memanfaatkan
peluang dengan membuat inovasi baru. Hasil perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan dengan menggunakan indikator employee retention dan employee
satisfaction cukup baik dan perusahaan akan berusaha lebih untuk memotivasi
karyawan sehingga mampu meningkatkan loyalitas dan moralitas karyawan. Dari
kesimpulan tersebut diharapkan evaluasi kinerja dengan balance scorecard dapat
digunakan sebagai acuan dan alat manajemen untuk memperbaiki kinerja perusahaan
agar selaras dengan visi dan misi PT. PELNI (Persero) cabang Surabaya.
Kata kunci: evaluasi kinerja, balanced scorecard, visi dan misi.
1S142658 | A14/658 And p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain