Text
PENGARUH HEDONIK SHOPPING MOTIVATION DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI POSITIVE EMOTION (STUDI KASUS PADA PT. MATAHRI DEPARTEMENT STORE TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA)
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hedonic shopping motivation
dan fashion involvement mempunyai pengaruh terhadap impulse buying yang
dimediasi oleh positive emotion. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu konsumen perempuan Matahari Departement Store Tunjungan Plaza
Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan
jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Teknik analisa yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis jalur (path analysis).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa hedonic shopping motivation
berpengaruh signifikan dan positif terhadap positive emotion, fashion involvement
berpengaruh signifikan dan positif terhadap positive emotion. Hedonic shopping
motivation terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap impulse buying.
Pengaruh fashion involvement tidak terbukti signifikan terhadap impulse buying,
Sedangkan positive emotion berpengaruh signifikan dan positif terhadap impulse
buying. Hasil ini menunjukkan bahwa positive emotion memediasi pengaruh
hedonic shopping motivation dan fashion involvement terhadap impulse buying.
Hasil pengujian ini juga menunjukan besaran pengaruh tidak langsung hedonic
shopping motivation dan fashion involvement terhadap impulse buying melalui
positive emotion lebih besar dibandingkan besaran pengaruh langsung hedonic
shopping motivation dan fashion involvement terhadap impulse buying.
Kata Kunci : Hedonic Shopping Motivation, Fashion Involvement, Positive
Emotion, dan Impulse Buying
1S142655 | M14/655 Fra p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain