Text
PENGARUH MARKETING MIX DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERBELANJA PADA PT. HERO SUPERMARKET, TBK (GIANT KEBRAON)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan bauran pemasaran yang
terdiri dari: produk, harga, promosi, tempat, dan informasi mulut ke mulut terhadap keputusan
konsumen untuk berbelanja pada Giant Kebraon Surabaya. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk di Giant Kebraon Surabaya dengan jumlah
sampel yang diambil sebesar 100 responden. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi
berganda yang tujuannya untuk menghitung besarnya koefisien regresi guna menunjukkan besarnya
pengaruh variabel produk, harga, promosi, tempat, dan informasi mulut ke mulut terhadap
keputusan konsumen untuk berbelanja pada Giant Kebraon Surabaya. Hasil pengujian ini
menunjukkan bahwa pengaruh variabel produk, harga, tempat, promosi, dan informasi dari mulut ke
mulut terhadap keputusan konsumen membeli produk di Giant Surabaya adalah signifikan. Hasil ini
didukung dengan perolehan tingkat korelasi sebesar 78,1 % yang menunjukkan bahwa hubungan
antara variabel bebas tersebut secara simultan terhadap keputusan konsumen membeli produk di
Giant Kebraon Surabaya memiliki hubungan yang erat. Hasil pengujian juga menunjukkan variabel
yang digunakan dalam model penelitian yaitu produk, harga, promosi, tempat, dan informasi mulut
ke mulut masing-masing mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan konsumen
untuk berbelanja pada Giant Kebraon Surabaya.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Mulut ke Mulut, dan Keputusan Konsumen
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain