Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DALAM BERBELANJA (STUDI KASUS PADA DISTRO CAK-CUK DHARMAWANGSA SURABAYA)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan berpengaruh
lansung terhadap loyalitas konsumen atau dimediasi oleh kepuasan. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini pelanggan yang sudah pernah menggunakan
jasa pengiriman barang pada PT. JNE Surabaya. Teknik pengambilan sampel
menggunakan non probability sampling dengan sampel yang diperoleh sebanyak
100 orang. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
analisis jalur (path analysis).
Hasil pengujian menunjukkan pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan
konsumen masing-masing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen
yang mengunakan jasa pengiriman pada PT JNE Surabaya. Demikian juga
pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen menunjukkan pengaruh
yang signifikan. Kondisi ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dapat
berpengaruh langsung terhadap loyalitas konsumen yang mengunakan jasa
pengiriman pada PT JNE Surabaya maupun berpengaruh tidak langsung dengan
melewati kepuasan sebagai variabel intervening kemudian mempengaruhi
loyalitas mereka.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Loyalitas, Kepuasan
1S142610 | M14/610 Ahm p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain